Ratusan Atlet Jalani Tes Kebugaran Fisik

Gambar Tulisan

Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat tahun 2022, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang melaksanakan tes fisik dan kesehatan. Pelaksanaan tes fisik dan kesehatan tersebut dilaksanakan terhadap para atlet yang akan terlibat dalam gelaran Porprov ke-14 tersebut.

Pelaksanaan tes fisik dan kesehatan dilakukan di GOR Tadjimalela Kelurahan Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan. Pada pelaksaaan yang dilakukan pada hari Kamis, 10 Maret 2022 tersebut diikuti oleh 226 atlet dari 32 cabang olahraga yang telah lolos babak kualifikasi dan verifikasi pada tahun 2021.

Sebagai persiapan menjelang pelaksanaan Porprov Jawa Barat tahun 2022, tes kebugaran fisik ini menjadi lanjutan dari tahapan seleksi yang telah dilakukan pada tahun 2021. Menurut Ketua Satgas KONI Kabupaten Sumedang, Budi, tes fisik ini tidak menjadi jaminan bagi ke-226 atlet untuk bisa mengikuti gelaran Porprov. Hal ini dikarenakan akan ada lagi tes fisik tahap kedua yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2022.

Sebagaimana diwartakan oleh Kabar Priangan, Pemerintah Kabupaten Sumedang memiliki target pada gelaran Porprov 2022 tersebut, Kabupaten Sumedang harus bisa masuk 10 besar. Untuk mencapainya, KONI Sumedang akan terus berusaha melatih semua atlet secara maksimal sebelum para atlet tersebut terjun langsung di ajang Porprov Jawa Barat 2022. 

Untuk tes fisik tersebut, setidaknya ada tujuh instrument tes fisik yang harus dijalani para atlet, mulai dari Tes Sit and Reach, Lari 30 meter, Vertical Jump, Push Up, Sit Up, Illionis Agility, dan Bleep Test. Semua atlet wajib mengikuti tujuh instrumen tersebut dan hasil dari pengukuran kebugaran fisik ini, akan dijadikan sebagai dasar untuk menentukan atlet lolos atau tidaknya dalam tes atlet Porprov berikutnya.

Sementara untuk test kesehatan meliputi pemeriksaan fisik atau visual mata, tenggorokan, hidung, telinga, tyroid, jantung, paru-paru, riwayat penyakit yang pernah atau sedang diderita termasuk cacat fisik.

Judul: Ratusan Atlet Jalani Tes Kebugaran Fisik

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 18 Juni 2022

Warta Terkait

Sharing

Komentar

Jadwal Pertandingan