Perses Harus Rela Terdegradasi ke Liga 3 Seri 2 Jawa Barat

Gambar Tulisan

kompetisi Liga 3 Seri 1 Jawa Barat tahun 2023 telah menyelesaikan pertandingan fase grup. Masing-masing grup telah menyelenggarakan 15 pertandingan yang melibatkan enam tim. Dan hasil akhirnya muncul dua tim sebagai pemuncak klasemen dan posisi kedua di masing-masing grup, serta satu tim yang menduduki dasar klasemen akhir masing-masing grup.

Sebagaimana hasil drawing yang dilakukan oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Barat sebelumnya, masing-masing grup meloloskan dua tim ke fase selanjutnya. Dua tim tersebut yang menduduki juara pertama dan juara kedua klasemen akhir masing-masing grup. Sehingga, secara total ada delapan tim yang berhak lolos ke fase kedua dimana akan dibagi ke dalam dua grup untuk memperebutkan tiket ke babak Semifinal.

Sementara itu, dari masing-masing grup juga diambil satu tim yang menghuni dasar klasemen akhir. Tim-tim tersebut akan terdegradasi ke Liga 3 Seri 2 pada penyelenggaraan kompetisi Liga 3 tahun depan. Dan melihat hasil pertandingan yang sudah diselenggarakan, tim Perses Sumedang menjadi salah satu tim yang menduduki dasar klasemen akhir fase grup tersebut, dari empat tim yang terseleksi. Perses Sumedang menduduki posisi keenam klasemen akhir di Grup A, sementara di Grup B ada tim PSB Bogor, Grup C ada tim Persikabbar Kabupaten Bandung Barat dan Grup D ada tim PSGJ Cirebon.

Rekam jejak Perses Sumedang pada kompetisi Liga 3 Seri 1 Jawa Barat tahun ini sepertinya mengalami penurunan. Pada keikutsertaan tahun-tahun sebelumnya, Perses Sumedang berhasil mempertahankan diri sebagai peserta Liga 3 Seri 1, bahkan pada penyelenggaraan tahun 2019 tim kebanggaan Warga Kabupaten Sumedang sempat lolos ke babak Regional Jawa sebelum dihentikan tim asal Banyuwangi, Persewangi.

Kemudian pada penyelenggaran kompetisi dua tahun sebelumnya (tahun 2021 dan 2022), Perses bisa menduduki bagian tengah klasemen akhir fase grup, sehingga tidak sampai terdegradasi. Semoga saja ke depannya prestasi Perses Sumedang akan semakin baik dan semakin menanjak.

Judul: Perses Harus Rela Terdegradasi ke Liga 3 Seri 2 Jawa Barat

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 19 Desember 2023

Warta Terkait

Sharing

Komentar

Jadwal Pertandingan