Sembilan Partai Politik Daftar Bacaleg di Hari Terakhir

Foto Profil Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Diterbitkan pada: 21 Juni 2023
Gambar Tulisan

Sembilan partai politik (parpol) tersisa dari 18 partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akhirnya mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Sumedang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang pada hari terakhir pendaftaran. Batas akhir pendaftaran Bacaleg jatuh pada tanggal 14 Mei 2023 dengan batas waktu pukul 23.59 WIB.

Sembilan parpol yang mendaftarkan Bacalegnya di hari terakhir tersebut adalah Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Gelora, Partai Ummat, Partai Perindo, Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Garuda.

Yang pertama adalah Partai Hanura yang mendaftarkan Bacalegnya ke kantor KPU Kabupaten Sumedang yang disusul kemudian oleh Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan Pembangunan yang berlangsung hingga siang hari. PBB berhasil mendaftarkan 34 orang Bacalegnya ke KPU Kabupaten Sumedang dari kuota maksimal 50 orang. Dari jumlah tersebut sudah termasuk keterwakilan pihak perempuan sebesar 30%. Pada Pemilu 2024, DPC PBB Kabupaten Sumedang menargetkan bisa meraih kursi agar bisa membentuk fraksi di DPRD Kabupaten Sumedang.

DPC PPP Kabupaten Sumedang mendaftarkan Bacalegnya ke kantor KPU Kabupaten Sumedang pada siang hari. Sebanyak 50 orang Bacaleg didaftarkan yang berasal dari berbagai kalangan dan generasi. Ada yang berasal dari kalangan akademisi, mantan birokrat, kepala desa dan sebagainya. Pendaftaran Bacaleg dari PPP ini dilakukan dengan menggunakan iring-iringan puluhan becak dan delman. Turut hadir mengantarkan pendaftaran Bacaleg dari PPP tersebut adalah Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, serta beberapa anggota DPRD, seperti H. Mulyani Suryadi (H. Ute), Ekky Ahmad Muzaki Ramdhani dan anggota DPRD lainnya. Pada gelaran Pemilu 2024 nanti, DPC PPP Kabupaten Sumedang memiliki target untuk bisa meraih 12 kursi di DPRD Kabupaten Sumedang.

Pada sore harinya, Partai Gelora yang mendatangi kantor KPU Kabupaten Sumedang. Partai Gelora juga mendaftarkan Bacalegnya dengan memenuhi semua kuota maksimal yang ada, 50 orang Bacaleg. Walau sebagai parpol baru, namun Partai Gelora memiliki optimisme untuk bisa meraih suara dalam Pemilu 2024 yang akan datang. Salah satu alasannya karena Partai Gelora diisi oleh orang-orang yang telah lama berkecimpung di dunia politik. Partai Gelora memiliki target untuk bisa meraih suara satu kursi untuk masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil).

Sore menjelang malam disusul dengan pendaftaran dari Partai Ummat dan Partai Perindo. Partai Perindo sendiri berhasil mendaftarkan Bacalegnya sebanyak 50 orang dan telah memenuhi persyaratan keterwakilan perempuan sebesar 30%. Bacaleg dari Partai Perindo tersebut sebagian besarnya merupakan kaum muda atau kaum milenial. Pada Pemilu 2024 nanti, DPD Partai Perindo Kabupaten Sumedang sendiri memiliki target untuk bisa meraih kursi DPRD Kabupaten Sumedang sebanyak enam kursi dengan rincian satu kursi untuk masing-masing dapil.

Partai Buruh menyusul mendaftarkan Bacalegnya ke kantor KPU Kabupaten Sumedang. Sebanyak 28 orang Bacaleg didaftarkan oleh parpol dengan nomor urut enam tersebut. Komite Eksekutif Partai Buruh Kabupaten Sumedang, dalam Pemilu 2024 nanti menargetkan untuk bisa meraih kursi di DPRD Kabupaten Sumedang sebanyak empat kursi.

Terakhir yang mendaftarkan Bacalegnya ke kantor KPU Kabupaten Sumedang adalah Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Garuda. Partai Garuda sebagai pendaftar terakhir mendatangi kantor KPU Kabupaten Sumedang sekitar pukul 20.00 WIB. Partai Garuda sendiri berhasil mengusung 32 orang Bacalegnya dalam Pemilu 2024 nanti.

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang