Logo SMK Agro Jatinunggal

SMK Agro Jatinunggal

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di kawasan Kampung Sindangrema, tidak jauh dari Jalan Raya Wado - Kirisik
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Bisa menggunakan angkutan Umum Wado - Kirisik, dilanjut jalan kaki

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Yayasan Arras Cakrabuana

Berdiri

2016

Alamat Lengkap

Jalan Raya Wado-Kirisik, Kp. Sindangrema Rt. 01/03 Desa Sarimekar Kecamatan Jatinunggal

Nomor Handphone

082129084197

Email

smkagrojatinunggal@gmail.com

Web Site

SMK AGRO Jatinunggal Sumedang

Akun Facebook

Esemka Agro

Page Facebook

Smk Agro Jatinunggal


Lokasi

SMK Agro Jatinunggal merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan yang berada di wilayah Kecamatan Jatinunggal. Tepatnya beralamat di Jalan Raya Wado-Kirisik, Kp. Sindangrema Rt. 01/03 Desa Sarimekar Kecamatan Jatinunggal. SMK Agro Jatinunggal ini berada di bawah pengelolaan Yayasan Arras Cakrabuana.

SMK Agro Jatinunggal didirikan oleh Yayasan Arras Cakrabuana pada tahun 2016 berdasarkan pada Surat Keputusan Yayasan bernomor 003/YAC/SMK/I/2016 tertanggal 15 Januari 2016. SMK Agro Jatinunggal didirikan sebagai peran serta masyarakat Kabupaten Sumedang dalam membangun daerahnya khususnya di bidang pendidikan. SMK ini bertujuan untuk mencetak para ahli di bidang agribisnis perikanan yang mampu berdaya saing. Hal ini seiring dengan adanya bendungan Jatigede yang memiliki potensi di bidang perikanan sehingga ke depannya bisa berwirausaha dan dapat memanfaatkan potensi tersebut.

Di akhir tahun 2016, SMK Agro Jatinunggal mendapatkan ijin operasional dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumedang. Ijin ini tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumedang dengan nomor 642.2/4434/Kep.Dikbud/2016 tertanggal 5 Desember 2016 tentang Pemberian Ijin Operasional Kepada SMK Agro Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Pada tahun 2019, SMK Agro Jatinunggal mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dengan Surat Keputusan bernomor 763/BAN-SM/SK/2019 tertanggal 9 September 2019. Peringkat akreditasi yang diraih SMK Agro Jatinunggal ini yaitu C.

Program keahlian yang ditawarkan kepala peserta didik di SMK Agro Jatinunggal ini ada dua yaitu Perikanan Air Tawar dan Multimedia. Di program keahlian Perikanan Air Tawar, siswa akan dibekali pembelajaran dan keahlian tentang budidaya perikanan mulai pembenihan sampai pembesaran, serta pengolahan hasil perikananannya. Sementara di program keahlian multimedia, selain mendapatkan pembelajaran formal, siswa juga mendapatkan pembelajaran dan keterampilan untuk mendapatkan penghasilan walau masih berstatus siswa (belum lulus sekolah).

Dalam proses pembelajarannya, SMK Agro Jatinunggal didukung dengan berbagai fasilitas. Fasilitas yang dimiliki oleh SMK Agro Jatinunggal ini diantaranya adalah Gedung Sekolah, Lapangan Upacara, Tempat Praktek, Mushola, Tempat Parkir dan ada juga fasilitas WIFI gratis.

Selain kegiatan pembelajaran di kelas, siswa di SMK Agro Jatinunggal juga disediakan berbagai kegiatan di luar jam belajar seperti keorganisasian dan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK Agro Jatinunggal diantaranya adalah kegiatan Pramuka, Rohani Islam, Bisnis Online, Memanah, Menjahit dan Tahfidz Quran.

Untuk meningkatkan kemampuan teknis dan penguasaan teknologi bagi siswa, SMK Agro Jatinunggal melakukan kerja sama dengan berbagai dunia usaha dan industri termasuk lembaga pemerintahan. Dunia industri dan instansi pemerintahan yang sudah melakukan kerja sama dengan SMK Agro Jatinunggal diantaranya PT Kasih Karya Persada, PT Surya Prana Sesama, PT Putra Prima Abadi Perkasa, PT Chemco Harapan Nusantara, PT Kharisma Adyatama Arkananta, PT Nahltech Multimedia, dan Dinas Perikanan Kabupaten Sumedang.

Setiap awal tahun pembelajaran, SMK Agro Jatinunggal menerima pendaftaran siswa baru. Pendaftaran bisa menggunakan metode online maupuan offline datang langsung ke kampus. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kontak SMK Agro Jatinunggal. Untuk tahun pelajaran 2021/2022, SMK Agro Jatinunggal menggratiskan SPP dan Uang Bangunan bagi siswa baru yang mendaftar ke sekolah ini.

Bagi siswa lulusan SMP atau MTs yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang kejuruan dengan program keahlian Perikanan Air Tawar atau Komputer Multimedia, bisa melanjutkan sekolah ke SMK Agro Jatinunggal ini.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 17 Desember 2021

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang