Logo Kampung Ranjeng, Ranjeng

Kampung Ranjeng, Ranjeng

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di bagian selatan wilayah Desa Ranjeng, terlintasi jalan raya antardesa
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati angkutan umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Ranjeng Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Ranjeng merupakan sebuah pemukiman penduduk atau kampung yang berada di wilayah Desa Ranjeng Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian selatan wilayah Desa Ranjeng, tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Desa Ranjeng. Dari kantor Desa Ranjeng jaraknya sekitar satu km ke arah tenggara melintasi jalan raya kabupaten yang menghubungkan Warungketan dengan Cicau dilanjut jalan antardesa ke arah Desa Cigintung.

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Ranjeng berada di kawasan yang cukup datar, dengan ketinggian wilayahnya sekitar 320 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pemukiman Kampung Ranjeng ini dikelilingi oleh lahan pertanian berupa lahan pesawahan yang cukup subur karena mendapatkan pengairan dari sistem irigasi. Di sebelah utara, timur, selatan dan baratnya merupakan lahan pesawahan, dengan tambahan di sebelah barat laut berdekatan dengan pemukiman Kampung Bakanbandung.

Pemukiman penduduk Kampung Ranjeng berada di perlintasan jalan raya antardesa yang menghubungkan Pertigaan Bakanbandung di utara dengan Kampung Citagen Desa Cigintung di selatan. Jarak dari pertigaan Bakanbandung yang merupakan jalan raya kabupaten sekitar 350 meter ke arah selatan.  Sehingga posisi Kampung Ranjeng memiliki akses yang mudah, bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, namun belum dilintasi angkutan umum. Akses terhadap angkutan umum berasal dari daerah Warungketan dengan jarak sekitar tiga km atau Pertigaan Malingping dengan jarak sekitar 2,4 km. Keduanya dilintasi angkutan umum seperti Angkot 24 jurusan Terminal Rancamulya - Wado dan Angkutan Umum Pedesaan (Angdes) 53 jurusan Situraja - Darmaraja - Wado, atau Angkutan Umum Antar-Kota (Bus AKDP) seperti Bus Medal Sekarwangi, CBU dan Bus Budiman.

Akses ke Kampung Ranjeng berasal dari dua arah yang terhubung dengan wilayah pemukiman dalam satu desa dan desa di sekitarnya, dengan semuanya berupa jalan antardesa. Arah utara terhubung dengan Kampung Bakanbandung dan pemukiman lain di Desa Ranjeng. Sementara arah selatan terhubung dengan pemukiman penduduk Kampung Citagen dan pemukiman lainnya di Desa Cigintung.

Pemukiman penduduk Kampung Ranjeng memiliki populasi penduduk yang cukup banyak, namun masih lebih sedikit jika dibandingkan dengan pemukiman Kampung Bakanbandung dan Kampung Bakanasem. Pemukiman penduduknya tersebar di satu lokasi di wilayah yang dikelilingi areal pesawahan. Pemukiman penduduknya terbelah oleh jalur jalan antardesa dari utara ke selatan, dengan dominasi pemukiman berada di sebelah barat jalan yang melebar menjauhi jalan besar dengan akses masuk berupa jalan gang besar. Pola sebaran pemukiman penduduknya cukup rapih, dengan kerapatan yang cukup renggang, yang bisa dilihat dari adanya lahan kosong antarpemukiman.

Jika melihat data peta yang terbit di jaman penjajahan Belanda, wilayah pemukiman penduduk Kampung Ranjeng sudah muncul setidaknya mulai pada peta yang terbit pada tahun 1911. Lokasinya berada di kawasan pemukiman saat ini dengan bentuk pemukiman penduduk berbentuk huruf L, bagian barat akses jalan memanjang ke arah barat dan bagian timur jalan memanjang dari utara ke selatan. Peta yang terbit tahun 1918 dan tahun 1943 menampilkan perkembangan pemukiman penduduk hampir menyerupai saat ini dengan pemekaran pemukiman ke arah utara mendekati Kampung Bakanbandung. Untuk penamaannya tidak ada perubahan masih bernamakan Ranjeng dengan tulisan Randjeng.

Secara kewilayahan, Kampung Ranjeng berada dalam cakupan wilayah Dusun Ranjeng bersama Kampung Bakanwalin, Kampung Cilopang Hilir, Kampung Jumleng dan Kampung Sukarasa yang semuanya menjadi bagian dari wilayah Desa Ranjeng. Wilayah Kampung Ranjeng di Dusun Ranjeng ini termasuk dalam cakupan wilayah Rukun Warga (RW) 05 dengan pembagian cakupan lebih kecilnya lagi menjadi kawasan Rukun Tetangga (RT) dengan jumlah tiga yaitu RT 01, 02 dan RT 03.

Fasilitas umum yang ada di Kampung Ranjeng diantaranya adalah fasilitas peribadahan berupa Masjid Jami 'Ibadurrahman (lengkapnya: 'Ibadurrahman Hesa Muhammad Fadel) yang berlokasi di ujung selatan pemukiman penduduk, pinggir jalan besar dan masjid yang ada di bagian barat laut pemukiman penduduk. Fasilitas lainnya seperti pendidikan dasar, tidak ada di Kampung Ranjeng ini, sehingga bagi anak-anak penduduk Kampung Ranjeng harus pergi ke kampung tetangga untuk mengenyam pendidikan dasar. Alternatif pendidikan dasar yang terdekat adalah SD Negeri Sadangsari yang berlokasi di Kampung Bakanbandung dengan jarak sekitar 350 meter melintasi jalan desa.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 26 Februari 2024

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang