Logo Kampung Canukur, Sukaluyu

Kampung Canukur, Sukaluyu

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di perlintasan jalan raya provinsi yang menghubungkan kota Sumedang dengan Situraja, Darmaraja dan Wado
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilintasi angkutan umum
  4. Jika naik angkutan umum, bisa menggunakan Angkot 06 jurusan Terminal Ciakar - Situraja atau Angkot 24 jurusan Terminal Ciakar - Wado atau naik bus Medal Sekarwangi jurusan Wado - Sumedang - Jakarta. Turun di Kampung Canukur secara langsung.

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Sukaluyu Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang

Web Site

Canukur Site


Lokasi

Kampung Canukur merupakan sebuah kampung yang ada di wilayah Desa Sukaluyu Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian utara wilayah Desa Sukaluyu, tepatnya di perlintasan jalan raya provinsi yang menghubungkan kota Sumedang dengan wilayah Wado. Kampung Canukur ini merupakan pusat dari pemerintahan Desa Sukaluyu dimana kantor desa ini berada.

Kampung Canukur berada di kawasan yang cukup landai, dengan kemiringan menghadap ke arah barat, dimana bagian barat lebih rendah jika dibandingkan dengan wilayah bagian timur. Ketinggian wilayahnya berkisar antara 340 meter sampai dengan 360 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Sekeliling Kampung Canukur merupakan kawasan pertanian, berupa lahan pesawahan dan lahan perkebunan. Sisi barat dan selatan kawasan pemukiman penduduk Kampung Canukur merupakan lahan pesawahan yang mendapatkan pasokan air dari irigasi Sentig. Lahan pesawahan di bagian barat Kampung Canukur terhubung langsung dengan aliran Sungai Cipeles yang mengalir dari selatan ke utara. Di bagian timur kawasan pemukiman merupakan campuran antara lahan pesawahan dan lahan perkebunan, sementara bagian utara merupakan kawasan perkebunan di perbukitan.

Walau berada di perlintasan jalur jalan provinsi yang menghubungkan kota Sumedang dengan wilayah Situraja, Darmaraja dan Wado, namun pemukiman penduduknya tidak terkonsentrasi di jalur jalan tersebut. Pemukiman penduduk Kampung Canukur berkumpul di satu lokasi dengan sebagian berada cukup jauh dari jalan utama. Sebagian tersebar di bagian barat jalan utama dan sebagian lainnya tersebar di sebelah timur jalan utama. Akses ke kawasan pemukiman yang lokasinya ke dalam menggunakan jalan gang dan ada juga jalan besar yang bisa dilalui kendaraan roda empat khusus ke kawasan timur pemukiman penduduk. Jalur jalan besar ini tersambung dengan Kampung Cigumiwang dan Cibogor di Desa Cijeler Kecamatan Situraja.

Secara sebaran pemukiman penduduk Kampung Canukur memanjang dari utara ke arah tenggara. Pemukiman penduduknya cukup padat dan rapat (berdekatan), kecuali pemukiman penduduk di bagian tenggara yang tidak terlalu rapat.

Sebagai pusat pemerintahan Desa Sukaluyu, di Kampung Canukur terdapat fasilitas kantor Desa Sukaluyu. Sehingga memudahkan bagi penduduk kampung ini untuk mengurus segala urusan administrasi. Namun demikian untuk fasilitas lainnya seperti pendidikan formal tidak ada di kampung ini kecuali untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) seperti Taman Kanak-kanak. Untuk jenjang pendidikan selanjutnya, seperti sekolah dasar tidak ada di kampung ini. Sekolah dasar terdekat ke Kampung Canukur berlokasi di Kampung Citendo yaitu SD Negeri Wargaluyu dengan jarak sekitar 500 meter ke arah selatan melintasi jalan raya provinsi.

Fasilitas umum lainnya yang ada di Kampung Canukur diantaranya fasilitas peribadahan berupa Masjid Jami As-Salam yang terletak di bagian barat kawasan pemukiman penduduk Kampung Canukur.

Jika melihat peta yang diterbitkan zaman penjajahan Belanda pada tahun 1918, Kampung Canukur ini ditulis dengan nama Tjandoekoel (Candukul). Dengan nama yang sama, ada aliran sungai yang mengalir dari arah selatan (wilayah Kampung Cibogo) ke arah utara melintasi Kampung Citendo dan sisi barat Kampung Canukur hingga bermuara di aliran Sungai Cipeles yaitu Sungai Tji Tjandoekoel (Cicandukul).

Secara kewilayahan, Kampung Canukur berada di bawah naungan kedusunan Dusun I Canukur yang meliputi juga Kampung Citendo. Kemudian Kampung Canukur ini berada di bawah kekuasaan wilayah Rukun Warga (RW) 01. Dan untuk kewilayah lebih kecil lagi, wilayah RW 01 di Kampung Canukur ini terbagi ke dalam empat wilayah Rukun Tetangga (RT) yaitu RT 01, 02, 03 dan RT 05.

Akses ke Kampung Canukur cukup mudah karena berada di perlintasan jalan raya provinsi yang dilintasi sejumlah angkutan umum serta bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Jika naik angkutan umum, bisa menggunakan angkutan umum perkotaan (Angkot) 06 jurusan Terminal Ciakar - Situraja atau Angkot 24 jurusan Terminal Ciakar - Wado. Bisa juga menggunakan angkutan bus Medal Sekarwangi jurusan Wado - Sumedang - Jakarta. Turun di Kampung Canukur secara langsung.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 04 September 2022

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang