Logo Kampung Batugulung, Kaduwulung

Kampung Batugulung, Kaduwulung

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di bagian barat wilayah Desa Kaduwulung
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati angkutan umum
  4. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik bus Medal Sekarwangi atau Angkot 24 jurusan Terminal Ciakar - Wado dan Angkot 06 jurusan Terminal Ciakar - Situraja. Turun di pertigaan Loji, dilanjut naik ojeg ke arah selatan sekitar 6,4 km

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Kaduwulung Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang

Page Facebook

Batugulung


Lokasi

Kampung Batugulung merupakan salah satu kampung yang berada di wilayah Desa Kaduwulung. Tepatnya berlokasi di bagian barat wilayah Desa Kaduwulung Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Desa Kaduwulung, sekitar 1,3 km dari kantor Desa Kaduwulung ke arah barat.

Kampung Batugulung berada di sisi timur lereng Gunung Mengger yang berlokasi di perbatasan dengan Desa Sukaluyu Kecamatan Ganeas. Kampung Batugulung ini berada pada wilayah dengan ketinggian antara 460 sampai dengan 480 meter di atas permukaan laut. Di mana bagian barat wilayah Kampung Batugulung berada di posisi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian timurnya.

Secara lokasi Kampung Batugulung terbagi ke dalam dua wilayah yaitu Kampung Batugulung dan Kampung Batugulung Wetan. Sesuai namanya, Kampung Batugulung Wetan berlokasi di sebelah timur dari Kampung Batugulung. Kampung Batugulung memiliki pola sebaran pemukiman yang memanjang dari barat ke timur dengan letak perumahannya sebagian mendekati jalan besar sebagian lagi lebih ke dalam dengan akses berupa gang. Pemukiman warga Kampung Batugulung cukup rapat atau berdekatan, dan sebagian kecil saja pemukiman penduduk di bagian barat yang cukup renggang.

Pola sebaran pemukiman penduduk Kampung Batugulung Wetan umumnya mengikuti alur jalan yang melintasinya baik jalan yang mengarah ke Kampung Batugulung maupun ke arah Kampung Nangkod Desa Dayeuhluhur. Kedua Kampung, antara Kampung Batugulung dan Kampung Batugulung Wetan hanya terpisahkan oleh kawasan pesawahan dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Wilayah pemukiman Kampung Batugulung dikelilingi oleh kawasan pertanian berupa lahan perkebunan dan lahan pesawahan. Lahan pesawahan di Kampung Batugulung memanjang dari selatan ke utara, terutama di bagian timur pemukiman warga. Lahan pesawahan ini didukung dengan adanya aliran Sungai Ciderma dan anak sungainya, sehingga lahan pesawahannya sangat subur.

Terkait nama Batugulung, ada satu cerita yang beredar di masyarakat. Lokasi Kampung Batugulung ini merupakan tempat petilasan Eyang Jayaperkasa. Ketika pasukan Cirebon ingin menyerang wilayah Dayeuhluhur, berhasil dihalau oleh Eyang Jayaperkasa menggunakan batu-batu besar berukuran kepala. Saking banyaknya bebatuan yang dipakai untuk melempari pasukan Cirebon tersebut sampaikan berupa batu yang menggunung (batu ngagulung). Akhirnya wilayah ini dikenal dengan nama Batugulung.

Sebagian besar penduduk Kampung Batugulung memiliki mata pencaharian sebagai petani. Petani yang menggarap lahan pertanian berupa lahan perkebunan dan lahan pesawahan. Selain menghasilkan padi, lahan pertanian di Kampung Batugulung juga menghasilkan produk pertanian berupa cengkeh, kelapa, kayu, dan hasil tani lainnya.

Fasilitas umum yang ada di Kampung Batugulung diantaranya adalah fasilitas ibadah dengan adanya bangunan masjid, fasilitas kesehatan berupa Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Sementara fasilitas pendidikan formal, di Kampung Batugulung tidak ada fasilitas pendidikan formal. Sehingga bagi penduduk Kampung Batugulung yang ingin menyekolahkan anak-anaknya harus pergi ke Kampung Kaduheuleut dimana terdapat fasilitas pendidikan dasar berupa SD Negeri Karangmulya dengan jarak sekitar 1,6 km.

Untuk kewilayahan, Kampung Batugulung termasuk wilayah Dusun Batugulung. Dusun Batugulung ini terbagi ke dalam dua wilayah Rukun Warga (RW), yaitu RW 04 dan RW 05. Wilayah RW 04 terbagi ke dalam tiga wilayah Rukun Tetangga yaitu RT 01, 02 dan RT 03. Sementara wilayah RW 05 terbagi ke dalam empat wilayah Rukun Tetangga yaitu RT 01, 02, 03 dan RT 04.

Akses ke wilayah Kampung Batugulung bisa menggunakan akses jalan dari Kampung Kaduheuleut dari sebelah timur. Akses lainnya bisa menggunakan akses dari Kampung Nangkod Desa Dayeuhluhur di bagian selatan. Hanya saja, untuk akses termudah bisa menggunakan akses jalan dari Kampung Kaduheuleut. Kampung Batugulung bisa diakses menggunakan kendaraan roda empat, hanya saja belum dilintasi angkutan umum. Akses masuk ke Kampung Batugulung bisa melewati pintu masuk di Loji, dengan jarak sekitar 6,4 km ke arah selatan. Jalan yang dilintasi didominasi oleh tanjakan.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 02 Juli 2022

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang