Logo DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumedang

DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumedang

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar Jl. Raden Sadikin Kota Sumedang
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati angkutan umum secara langsung

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

5 Januari 1973

Alamat Lengkap

Jl. Raden Sadikin No. 05 Kelurahan Regolwetan Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang

Page Facebook

DPC PPP Sumedang


Lokasi

Partai Persatuan Pembangunan atau disingkat dengan PPP merupakan sebuah partai politik (parpol) yang menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu). Parpol PPP ini berdiri semenjak munculnya keputusan pemerintah yang menghendaki penyederhanaan jumlah partai politik peserta Pemilu. Paska Pemilu 1971, pemerintah memutuskan untuk membagi partai politik peserta pemilu menjadi empat kelompok yaitu Angkatan Bersenjata, Golongan Karya, Golongan Demokrasi Pembangunan dan Persatuan Pembangunan.

Empat partai politik berhaluan Islam melakukan fusi ke Partai Persatuan Pembangunan. Empat parpol tersebut adalah Partai Nahdhatul Ulama, Partai Muslimin Indonesia (Parmusi), Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII), dan Partai Islam Perti. Pendirian parpol ini dipelopori oleh KH Idham Chalid (Ketua Umum PB NU), H Mohammad Syafaat Mintaredja, SH (Ketua Umum Parmusi), Haji Anwar Tjokroaminoto (Ketua Umum PSII), Haji Rusli Halil (Ketua Umum Perti), dan Haji Masykur (Ketua Kelompok Persatuan Pembangunan di DPR). PPP dideklarasikan berdirinya pada tanggal 5 Januari 1973, dengan H Mohammad Syafaat Mintaredja, SH yang terpilih sebagai Ketua Umumnya.

Sebagai gabungan parpol berbasis Islam, menjadikan PPP sebagai "Rumah Besar Umat Islam". Pada awalnya, PPP menerapkan asas Islam dan dilengkapi dengan lambang Kabah. Namun sejak tahun 1984, PPP menggunakan asas Pancasila sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan sistem politik yang berlaku saat itu. Di bawah tekanan politik dalam kekuasaan Orde Baru, PPP secara resmi menggunakan asas Pancasila dengan lambang bintang dalam segi lima berdasarkan Muktamar I PPP tahun 1984.

Ketika kekuasaan Orde Baru berakhir pada tahun 1998, PPP kembali menggunakan asas Islam dengan lambang Kabah. Ini berdasarkan pada kesepakatan dalam Muktamar IV akhir tahun 1998. Walau memiliki landasan pada asas Islam, PPP berkomitmen untuk terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila.

Sejumlah tokoh pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan. Dan yang terkini, yang berhasil menduduki posisi Ketua Umum PPP adalah Muhamad Mardiono, yang terpilih sebagai Ketua Umum pada Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) yang dilaksanakan pada tanggal 5 September 2022.

Sebagaimana partai politik lainnya yang ada di Indonesia, Partai Persatuan Pembangunan memiliki kepengurusan dari tingkat pusat hingga tingkat daerah. Untuk tingkat Kabupaten Sumedang, Partai Persatuan Pembangunan memiliki struktur kepengurusan dengan nama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Sumedang. DPC Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Sumedang memiliki sekretariat yang beralamat di Jl. Raden Sadikin No. 05 Kelurahan Regolwetan Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang.

Kepengurusan DPC Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Sumedang dibentuk berdasarkan pada Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan dengan Nomor: 0305/SK/DPP/C/XII/2021 tertanggal 10 Desember 2021. Surat Keputusan tersebut berisi tentang Pengesahan Susunan Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Sumedang Masa Bakti 2021-2026. Berdasarkan SK DPP Partai Persatuan Pembangunan tersebut, DPC Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Sumedang dipimpin oleh H. Ilmawan Muhamad, S.Ag. didampingi Sekretaris H. Mulya Suryadi, S.Pd., M.Kom. dan Bendahara Nina Marlina, S.Pd.

Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Partai Persatuan Pembangunan telah sah menjadi salah satu pesertanya. Walaupun raihan suara Partai Persatuan Pembangunan pada Pemilu 2019 melewati ambang batas parlemen, namun pada penentuan nomor urut parpol Pemilu 2024, Partai Persatuan Pembangunan memilih untuk tidak menggunakan nomor urut sebelumnya pada Pemilu 2019. Sehingga nomor urut parpol yang dipakainya menggunakan nomor urut baru hasil undian yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yaitu nomor urut 17.

Pada Pemilu tahun 2019, Partai Persatuan Pembangunan berhasil menempatkan wakilnya di DPRD Kabupaten Sumedang sebanyak tujuh orang, dengan sebaran dua orang dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1, masing-masing satu orang dari Dapil 2, 3, 4, 5 dan Dapil 6. Dan menatap Pemilu 2024, DPC Partai Persatuan Pembangunan sudah siap menghadapi dengan berbagai persiapan termasuk sudah mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang. Pada Pemilu 2024, DPC Partai Persatuan Pembangunan memiliki target untuk bisa meraih 12 kursi anggota DPRD Kabupaten Sumedang.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 30 Mei 2023

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang