Wisata Ciherang Sebelum Menjadi Kampoeng Ciherang

Menyukai : 0 Orang   Suka
Tinjauan : 63 Kali

Sebelum menjelma menjadi kawasan wisata Kampoeng Ciherang, kawasan ini merupakan lokasi wisata berkemah. Lokasi berkemah ini berada di kawasan yang dipenuhi dengan tegakan pohon pinus. Dan sangat dekat dengan aliran Sungai Ciherang sebagai sumber air untuk berbagai keperluan. Selain sebagai kawasan berkemah, kawasan ini juga biasa digunakan sebagai jalur olahraga offroad. Bagi warga masyarakat sekitar terutama anak-anak biasa digunakan sebagai tempat bermain air di aliran Sungai Ciherang.

Bagi pengunjung luar wilayah Desa Cijambu, kawasan Ciherang ini bisa digunakan sebagai lokasi wisata berkemah atau camping ground. Dengan banyaknya tegakan pepohonan pinus dan di bawahnya banyak rerumputan, sangat cocok digunakan sebagai lokasi berkemah karena tidak perlu membuat tiang untuk mendirikan tenda. Pendirian tenda bisa dibuat dengan memanfaatkan pohon pinus sebagai tiangnya. Yang diperlukan hanyalah membawa tenda beserta dengan tali untuk mengikatnya ke pohon pinus. Untuk keperluan selama berkemah, sudah ada dukungan aliran air Sungai Ciherang yang bersumber langsung dari pegunungan. Sehingga tidak perlu lagi mencari ke tempat yang jauh atau membawa bekal air yang berlebihan. Air dari aliran Sungai ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan terutama keperluan memasak makanan dan sumber air minum.

Bagi yang menyukai olahraga offroad, di lokasi ini ada jalur yang biasa digunakan sebagai jalur offroad. Terutama untuk jalur offroad roda dua. Dari jalan besar, masuk ke kawasan hutan pinus Ciherang ini dengan menyusuri jalan yang sudah biasa digunakan. Jalan yang biasa digunakannya sudah berbentuk cekungan memanjang bekas ban motor offroad. Di beberapa tempat, cekungannya cukup dalam.

Bagi anak-anak sekitar Cijambu, lokasi ini biasa digunakan sebagai tempat bermain air. Aliran Sungai Ciherang yang masih asli karena bersumber langsung dari pegunungan menjadi tempat untuk bermain air, baik berenang ataupun sekedar mandi. Airnya cukup dingin dan alirannya cukup besar, serta sebagian digunakan sebagai sumber irigasi bagi lahan pertanian di bagian hilirnya. Di pinggir aliran sungai ini ditumbuhi berbagai jenis pepohonan baik yang tumbuh tinggi maupun dari jenis rerumputan. Di aliran sungainya sendiri terdapat bebatuan baik yang berukuran besar maupun kecil.

Suasana di kawasan Ciherang ini sangat alami. Sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan sehari-hari ketika bergelut dengan pekerjaan. Di sekelilingnya hanya pepohonan dengan dominasi pohon pinus. Di bawahnya umumnya merupakan hamparan rerumputan menghijau, dengan di beberapa tempat berupa tanah dan dedaunan yang berserakan. Bebeapa ruas jalanan setapak melintasi kawasan ini yang biasa digunakan oleh penduduk sekitar sebagai akses jalan atau jalur offroad bagi peminat olahraga offroad roda dua.

Sharing

Komentar