Libur Lebaran ke Mata Air Cikandung

Menyukai : 1 Orang   Suka
Tinjauan : 111 Kali

Berdasarkan informasi didapatkan, Mata Air Cikandung menjadi salah satu lokasi wisata ketika libur lebaran. Berbeda dengan waktu normal, ketika libur lebaran lokasi ini menjadi lokasi favorit terutama bagi warga yang mudik ke lokasi yang berdekatan dengan mata air Cikandung yang berada di Desa Nyalindung.

Walaupun bukan lokasi wisata yang dikelola secara profesional, namun daya tarik sumber airnya menjadi magnet tersendiri untuk mencoba segarnya air dari mata air Cikandung ini. Ya, sekedar untuk bermain air atau selfie (swafoto) di sekitaran mata air Cikandung.

Dan, ternyata pada hari kedua lebaran tahun ini, lokasi Wisata Mata Air Cikandung ini dipenuhi oleh pengunjung. Baik pengunjung lokal sekitar Desa Nyalindung maupun wilayah Sumedang lainnya. Bahkan dimungkinkan juga ada pengunjung yang berasal dari luar wilayah Sumedang atau setidaknya yang mudik dari luar Sumedang dengan melihat plat nomor kendaraan pengunjung mata air Cikandung ini. Dari kedua pintu masuk yang ada, baik pintu masuk barat maupun pintu masuk timur, dipenuhi kendaraan terutama roda dua yang berjejer parkir dipinggir jalan, walau tidak sampai macet.

Dan untuk masuk ke lokasi Wisata Mata Air Cikandung ini tidak dikenakan tarif masuk. Pengunjung hanya dikenakan tarif parkir kendaraan bagi yang membawa kendaraan. Di lokasi ini pengunjung bisa sepuasnya bermain air di kolam penampungan air dari mata air Cikandung sebelum dialirkan ke bagian hilir. Yang bermain air bukan hanya anak-anak saja, namun juga orang dewasa ikut bermain. Berendam, berenang atau selfie bisa dilakukan di sini.

Bagi pengunjung yang ingin bermain air menggunakan pelampung, bisa menyewa ban bekas atau ban renang pelampung. Di lokasi wisata ini tersedia penyewaan ban bekas atau ban renang pelampung dengan harga sewa sebesar Rp 5.000 untuk ban bekas dan Rp 10.000 untuk ban renang pelampung. Harga penyewaan berlaku tersebut selama satu jam penggunaan.

Jadi, bagi yang ingin mengajak anak-anak bermain air dengan harga yang murah meriah, bisa menggunakan lokasi mata air Cikandung ini. Walau banyak pengunjungnya, tidak sampai memacetkan jalan. Dan walaupun banyak pengunjung yang berenang atau bermain air di mata air Cikandung ini, dijamin tidak akan mempengaruhi kualitas airnya karena airnya mengalir ke hilir dan digantikan dengan air yang keluar dari mata air.

Selama libur lebaran ini yang dilanjutkan dengan libur sekolah, di sekitaran lokasi wisata banyak yang membuka warung makanan. Sehingga bagi pengunjung yang tidak membawa perbekalan bisa membeli di warung-warung yang berada di sekitaran lokasi wisata ini. Atau, jika ingin membawa perbekalan sendiri, pengunjung juga bisa membawanya sehingga di lokasi bisa menyantapnya. Sehingga sambil menunggu yang bermain air atau beres bermain air, pengunjung bisa menyantap perbekalan di tempat yang tersedia. Ada bebangkuan dan bebatuan yang bisa digunakan untuk duduk-duduk. Namun jangan lupa membuang sampah pada tempatnya, ya!

Bagi yang menyukai selfie atau wefie dengan latar pemandangan alam, bisa mencari lokasi yang cocok di sekitaran Wisata Mata Air Cikandung ini.

Sharing

Komentar