Ayo! Liburan ke Sumedang - 5 Tujuan Wisata Terpadu

Menyukai : 5 Orang   Suka
Tinjauan : 1.944 Kali

Seri kedua tentang liburan ke Sumedang ini membahas beberapa potensi wisata yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang yang termasuk jenis wisata terpadu. Dalam arti di dalam satu lokasi wisata di dalamnya terdapat berbagai wahana atau gabungan dari beberapa jenis wisata. Ada beberapa lokasi wisata yang sudah cukup dikenal di wilayah Sumedang yang menyediakan berbagai wahana yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Kampung Karuhun

Kampung Karuhun yang bertemakan eco green park berlokasi di wilayah Desa Citengah. Wisata ini berlokasi kawasan di lembah dan dekat aliran Sungai Cihonje, dikelilingi oleh kawasan yang menghijau dimana sebagiannya merupakan kawasan kehutanan. Kawasan wisata ini menyajikan berbagai jenis wahana yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Ada wahana wisata alam berupa aliran Sungai Cihonje dengan kondisi alamnya yang menyegarkan. Pengunjung akan mendapatkan suasana yang sejuk karena dikelilingi oleh rindangnya pepohonan yang mengelilingi kawasan wisata Kampung Karuhun. Kemudian ada juga wisata air berupa kolam renang dengan jumlah tiga buah dimana masing-masingnya memiliki peruntukan berbeda. Ada kolam renang untuk dewasa, ada untuk anak-anak dan ada juga kolam arus serta permainan perosotan.

Bagi yang menyukai swafoto atau selfie, di Kampung Karuhun terdapat beberapa lokasi yang bisa digunakan untuk selfie seperti perahu terbang, sky swing, gembok cinta, jembatan cinta dan lokasi lainnya. Bagi calon pengantin yang mau melakukan pemotretan pra-nikah, Kampung Karuhun menyediakan paket prewed yang bisa digunakan bagi pasangan yang dalam melakukan pemotretan pra-nikah.

Ingin merasakan wisata kuliner? Di Kampung Karuhun juga tersedia berbagai jenis menu yang termasuk makanan khas Sunda. Di sini tersedia menu makan dengan resep buhun seperti menu Cobek Karuhun, Nasi Liwet Karuhun dan Nasi Timbel serta berbagai menu makanan lain yang berbahan dasar dari bebek, ayam dan ikan.

Bagi pengunjung yang ini mencoba wahana ekstrim, bisa mencoba fly fox, zip bike, river tubing, wisata off roda dan sky swing. Dan bagi pengunjung memerlukan penginapan, di Kampung Karuhun ada beberapa lokasi penginapan. Atau ingin melakukan pertemuan? Bisa juga dilaksanakan di Kampung Karuhun karena tersedia ruangan untuk pertemuan atau meeting.

Akses ke Kampung Karuhun tidaklah terlalu sulit. Lokasinya berada di kawasan Desa Citengah sebelum perkebunan teh Margawindu. Dari pusat kota Sumedang bisa menggunakan Angkutan Pedesaan dari Terminal Cipameungpeuk jurusan Citengah. Jaraknya sekitar tujuh kilometer ke arah selatan. Jika menggunakan kendaraan pribadi juga bisa baik roda dua maupun roda empat karena di sana tersedia tempat parkir yang cukup luas.

Kampung Ladang

Kampung Ladang berada di kawasan Desa Margalaksana. Kawasan wisata ini menyajikan lokasi wisata berupa lahan pertanian yang ditanami berbagai jenis tanaman palawija seperti jagung, sayuran dan kacang-kacangan. Pengunjung Kampung Ladang akan mendapati suasana pedesaan yang kental akan dengan budaya tradisional. Pengunjung juga bisa melihat dan terlibat langsung dalam proses pertanian seperti penanaman sayuran atau palawija, pemupukan tanaman bahkan panennya dan menikmati hasil panen bersama masyarakat setempat.

Kampung Ladang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga yang menyukai suasana pedesaan. Berbagai fasilitas penunjang tersedia di Kampung Ladang seperti saung bambu tradisional, makanan tradisonal Sumedang, lapangan bermain yang luas, ruang main yang menyenangkan dengan permainan tradisional, seperti ayunan bambu, kolecer (kincir angin) dan sosorodotan (perosotan pinang).

Wahana lainnya yang tersedia di Kampung Ladang adalah wisata off road dan permainan Airsoft Gun untuk permainan Kelompok menguji kekompakan dan ketangkasan personal di Kampung Ladang Adventure Camp.

Untuk aksesnya cukup mudah. Bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan jalur masuk dari jalan Sumedang - Bandung. Masuknya dari belokan ke SMPN 7 Sumedang.

Kampung Toga

Awalnya Kampung Toga merupakan kawasan wisata berwawasan lingkungan dengan nuansa pegunungan. Pengembangan awalnya tidak lepas dari namanya yang merupakan kepanjangan dari Tanaman Obat Keluarga yang memanfaatkan lahan tanah yang tandus dan gersang serta sedikit pepohonan.

Kemudian Kampung Toga berkembang menjadi lokasi wisata dengan motto One Stop Adventure. Di mana di Kampung Toga berbagai jenis wisata adventure bersatu dari mulai kegiatan di air, kegiatan di darat sampai dengan kegiatan di udara. Untuk kegiatan di airnya tersedia wahan wisata air baik kolam renang maupun kegiatan rafting. Kegiatan di daratnya tersedia wahana ruang terbuka yang bisa digunakan untuk kegiatan outbond dan wisata off road serta permainan lainnya. Plus kegiatan di udaranya adalah wisata dirgantara seperti paralayang dan gantole.

Di Kampung Toga tersedia fasilitas penginapan berupa villa dengan berbagai tipe yang bisa disewa oleh pengunjung untuk menginap. Ada juga fasilitas restoran atau rumah makan bagi pengunjung yang ingin berwisata kuliner.

Kampung Toga juga menyediakan pemandangan yang indah. Dari atas puncak bukit Toga, pengunjung bisa melihat keindahan alam Sumedang berupa hamparan pesawahan dan hamparan kota Sumedang.

Akses masuk ke Kampung Toga cukup mudah. Bisa diakses dengan berbagai jenis kendaraan. Dari Alun-alun Sumedang ke arah selatan melewati kawasan Gunung Puyuh.

Kampoeng Ciherang

Wana wisata Kampoeng Ciherang berada di wilayah Desa Cijambu Kecamatan Tanjungsari. Tujuan wisata ini berada di kawasan hutan pinus yang dekat dengan aliran Sungai Ciherang. Kampoeng Ciherang memadukan suasana sejuk kawasan hutan dengan berbagai fasilitas wisata buatan yang akan memanjakan pengunjungnya.

Berbagai fasilitas dan wahana dibangun di kawasan wisata ini. Mulai dari fasilitas yang bisa digunakan untuk menenangkan diri dan bercengkrama bersama keluarga sampai dengan fasilitas yang menguji nyali pengunjungnya. Bagi pengunjung yang menyukai tanaman atau hewan peliharaan bisa bermain di taman yang tersedia seperti Taman Bunga, Taman Burung, Taman Kelinci dan Taman Kupu-kupu. Atau hanya jalan-jalan sambil mengeksplorasi keindahan alam Ciherang yang masih alami dan suasana sejuknya.

Bagi yang menyukai wisata ekstrim, bisa mencoba wahana outbond seperti flying fox, jembatan gantung, jaring laba-laba atau jembatan dua tali. Atau wahana air seperti arung jeram dan berenang di kolam air atau aliran sungai. Bagi anak-anak tersedia fasilitas mini motocross, naik kuda tunggang, rivertubbing dan outbond khusus bagi anak-anak.

Tak ketinggal juga bagi pengunjung yang ingin swafoto atau selfie. Di Kampoeng Ciherang terdapat berbagai spot yang bisa digunakan sebagai tempat swafoto.

Fasilitas lainnya yang tersedia di Kampoeng Ciherang adalah penginapan atau lokasi berkemah. Jadi pengunjung yang ingin menginap bisa juga di Kampoeng Ciherang ini.

Untuk mengunjungi wisata Kampoeng Karuhun ini bisa diakses dari wilayah Tanjungsari atau Rancakalong. Bisa menggunakan kendaraan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat.

Pangjugjugan

Wisata Alam Pangjugjugan ini terletak di kawasan kaki Gunung Kareumbi di wilayah Desa Cilembu. Kawasan wisata ini menyajikan keadaan alam berupa kawasan pertanian dengan nuansa alam yang menghijau alami dipenuhi dengan pepohonan ditambah dengan pemandangan alam yang mempesona.

Sebagai kawasan wisata, Pangjugjugan dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi dan arena bermain anak. Fasilitas yang ada di Pangjugjugan diantaranya adalah kolam renang, permainan flying fox, dan juga kegiatan outbond lengkap. Dan bagi yang ingin mencoba permainan tradisional, di sini juga ada perlengkapan permainan tradisional seperti enggrang.

Kemudian bagi pengunjung yang ingin menginap, tersedia juga fasilitas penginapan berupa rumah adat yang terdiri dari 60 kamar penginapan dan 15 tempat lesehan. Yang tidak kalah menarik di sini terdapat layanan pengobatan alternatif berupa terapi ikan yang mampu mengobati beberapa jenia penyakit seperti reumatik.

Bagi pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh dari Pangjugjugan, tersedia pula oleh-oleh khas Pangjugjugan seperti krispi yang terbuat dari jamur tiram, dodol stroberi, selai rosella, abon lele, keripik pisang dan karamel.

Untuk mengaksesnya bisa menggunakan jalan yang menghubungkan Parakan Muncang dengan Simpang Pamulihan. Dari jalan ini jaraknya sekitar 3 km ke arah timur.

Sharing

Komentar