Hari Jadi Sumedang ke-440, Diisi Berbagai Kegiatan

Persiapan menyongsong Hari Jadi Sumedang ke-440 terus dimatangkan jajaran panitia HJS Sumedang dengan menggelar rapat di Cakrabuana IPP Setda, Rabu, (4/4/18).

Dicky Rubiana selaku Ketua Panitia HJS yang memimpin rapat saat itu menjelaskan, bahwa pada momen HJS tahun ini pihak panitia akan menggelar beberapa event besar yang sekiranya bisa menjadi ikon baru untuk Sumedang.

Pasalnya, sesuai arahan Pjs. Bupati Sumedang Sumarwan Hadisoemarto, momen HJS kali ini harus menjadi awal kebangkitan Sumedang.

"Sesuai arahan Pa Bupati, HJS tahun ini harus diperingati dengan kegiatan-kegiatan unik yang sekiranya dapat menarik wisatawan dari luar penasaran untuk datang berkunjung ke Sumedang," katanya.

Terdapat beberapa event yang akan digelar dalam HJS ke-440 ini, salah satunya kegiatan Festival Tahu Sejuta Rasa dan Ubi Cilembu (8/4), Renggong Inohong (21/1), Kirab Panji dan Helaran Keraton (21/4), Macangkrama (27-29/4), Memeluk Jatigede (2/5), dan sejumlah kegiatan unik lainnya.

Khusus untuk Festival Tahu dan Ubi, Panitia bersama PHRI Sumedang akan menyajikan makanan tahu dan ubi secara gratis bagi pengunjung di Alun-alun Sumedang.

"Jumlah tahu yang akan disajikan diperkirakan mencapai puluhan ribu biji, sedangkan jumlah ubi yang disediakan menurut rencana sekitar 1,5 ton," kata Dicky.

Sedangkan untuk kegiatan Renggong Inohong, panitia akan menggelar kegiatan helaran 100 kuda renggong. Dalam event tersebut, Panitia akan mengundang Unsur Forkopimda Provinsi Jawa Barat dan para Kepala Daerah Se-Jawa Barat untuk hadir dan ikut naik kuda renggong tersebut.

"Karena Tema HJS tahun ini 'Sumedang Mengundang' jadi kami ingin mengundang semua inohong di Jawa Barat supaya bisa hadir pada peringatan HJS ini," katanya.

Adapun untuk kegiatan Macangkrama yang akan digelar pada (27-29/4), adalah agenda untuk mengkolaborasikan antara para pelaku ekonomi kreatif, para seniman dan dunia bisnis yang dikemas melalui kegiatan berupa pameran produk UKM, pagelaran kesenian dan kegiatan tokoh-tokoh budaya.

Selanjutnya, dalam HJS kali ini ada juga kegiatan bernama Memeluk Jatigede yang menurut rencana akan dihelat pada tanggal (2/5) mendatang. Memeluk Jatigede itu sendiri adalah salah satu bentuk ekspresi masyarakat untuk benar-benar merasa memiliki Jatigede, dan diharapkan mampu mengikis berbagai isu negatif akan kehadiran bendungan terbesar se-Asia tersebut selama ini.

Bentuk kegiatan (memeluk jatigede) itu sendiri akan dilaksanakan dengan cara seluruh komponen masyarakat seperti para pelajar, aparatur Pemkab, unsur TNI-POLRI dan seluruh lapisan masyarakat akan bergandengan tangan mengelilingi seluruh area Bendungan Jatigede dengan panjang wilayah yang akan dilintasi para peserta diperkirakan sekitar 108 kilometer.

Ditambahkan Dicky, selain akan menggelar sejumlah event di atas, kegiatan HJS juga akan diperingati dengan pelaksanaan ziarah leluhur, istigosah, pembagian sembako kepada 800 abang becak, pagelaran kesenian, lomba biantara sunda, dan lomba egrang.

(Disalin dari facebook Asep Tatang Sujana)

Judul: Hari Jadi Sumedang ke-440, Diisi Berbagai Kegiatan

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 11 April 2018

Sharing

Komentar

Informasi Milangkala Sumedang ke-440 Tahun 2018