#Smd439

user image Pasar Seni Lembur Sumedang Diterbitkan: 31 Maret 2017
Photo

Memang beda!

Jika dibandingkan dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, peringatan Milangkala Sumedang ke-439 tahun 2017 ini menjadi sesuatu yang berbeda. Tidak bisa dipungkiri bahwa peran serta tim Kreatif Milangkala Sumedang tahun ini menjadi awal cerita yang membedakannya dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika pada peringatan tahun-tahun sebelumnya, peran serta panitia seperti tim Kreatif ini tidak kentara, maka pada tahun ini peran sertanya sangat dominan. Tim kreatif yang diisi oleh generasi muda dari berbagai kalangan, bersatu padu mempersiapkan berbagai acara dan kegiatan untuk menyemarakkan peringatan hari jadi Sumedang yang ke-439.

Salah satu garapan tim Kreatif dalam memeriahkan Milangkala Sumedang tahun ini adalah Pasar Seni Lembur Sumedang. Kegiatan Pasar Seni Lembur Sumedang menjadi salah satu pembeda karena di dalamnya terdapat berbagai komponen acara yang dipergelarkan dan ditampilkan. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu acara pengisi yang paling banyak memakan sumber daya khususnya sumber daya manusia. Hal ini terkait dengan banyaknya kegiatan yang harus ditangani di dalamnya. Jika dibandingkan dengan bidang lainnya yang menjadi bagian dari acara Milangkala Sumedang, Pasar Seni Lembur Sumedang menyerap paling banyak sukarelawan.

Mengapa diadakan Pasar Seni Lembur Sumedang?

Menurut infromasi yang bersumber dari tim Kreatif, Pasar Seni Lembur Sumedang diselengarakan sebagai sarana atau ruang untuk berekspresi bagi berbagai komponen masyarakat Sumedang. Berbagai komponen masyarakat Sumedang yang memiliki potensi yang selama ini berserakan dan berjalan sendiri-sendiri harus diberi ruang dan tempat sebagai wadah untuk menampilkan potensinya. Diharapkan dengan adanya wadah ini bisa mengangkat potensi yang ada di Sumedang dan mensinergikan potensi-potensi tesebut. Berbagai komponen masyarakat Sumedang seperti seniman, budayawan, pengrajin dan UKM serta potensi lainnya bisa bersatu dan bersinergi dalam wadah disediakan. Hal ini memunculkan media Pasar Seni Lembur Sumedang.

Berangkat dari hal tersebut, tidak mengherankan jika di dalam Pasar Seni Lembur Sumedang terdapat berbagai aspek yang ditampilkan. Di dalam Pasar Seni Lembur Sumedang ini terdapat komponen seperti Lembur Motekar yang menampilkan produk-produk hasil ekonomi kreatif seperti craft/kerajinan dan keahlian unik yang berada di Sumedang; Lembur Kuliner yang diisi oleh para UKM di bidang makanan dengan tambahan adanya diorama pembuatan tahu dan musium tahu. Kemudian ada lagi Lembur Seni yang menampilkan berbagai nilai kreatif seni Sumedang yang di dalamnya terdapat pameran foto yang berisi potensi Sumedang dan kegiatan sosial Sumedang. Dan terakhir adanya Lembur Budaya yang berisi tentang gambaran sejarah dan budaya Sumedang.

Penasaran? Pasti!

Karena dengan adanya berbagai kegiatan di dalamnya, kegiatan Pasar Seni Lembur Sumedang akan menampilkan sesuatu yang berbeda. Bagi pengunjung sendiri, Pasar Seni Lembur Sumedang akan memberikan pengalaman yang berbeda.

So, kapan pelaksanaannya?

Jangan lupa tanggal mainnya! Tanggal 25 April 2017 dan berakhir pada tanggal 30 April. Tempatnya, mudah dijangkau! Pasar Seni Lembur Sumedang akan diadakan di Alun-alun Sumedang.

user image Fitur #Smd439 Milangkala Sumedang Ka-439 Taun 2017
Photo

Ada Apa di Pasar Seni Lembur Sumedang?

Besok adalah hari dimulainya kegiatan Pasar Seni Lembur Sumedang. Sebagai salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Milangkala Sumedang, kegiatan Pasar Seni Lembur Sumedang bisa dijadikan tempat berlibur atau tempat berkunjung di Sumedang. Ditambah lagi dengan lokasinya yang strategis yaitu di seputaran Alun-alun Sumedang, memudahkan pengunjung untuk datang ke acara ini.


Photo

Selamat Hari Jadi Sumedang ke-439

Hari ini, tanggal 22 April 2017 merupakan hari jadi Sumedang yang ke-439. 439 tahun yang lalu Kerajaan Sumedang Larang yang menjadi cikal bakal Kabupaten Sumedang berubah dari kerajaan yang kecil menjadi kerajaan besar yang mewarisi wilayah Kerajaan Padjadjaran. Wilayahnya menjadi luas, bagian baratnya dibatasi oleh aliran Sungai Cisadane dan ujung timurnya dibatasi aliran Sungai Citarik.


Photo

Pasar Seni Lembur Sumedang

Jika dibandingkan dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, peringatan Milangkala Sumedang ke-439 tahun 2017 ini menjadi sesuatu yang berbeda. Tidak bisa dipungkiri bahwa peran serta tim Kreatif Milangkala Sumedang tahun ini menjadi awal cerita yang membedakannya dengan tahun-tahun sebelumnya.


user image #Smd439 di Media Sosial Facebook, Twitter dan Instagram

#smd439 Sumedang Larang Insun medal, insun madangan Kaula bijil nyaangan Ceuk Uga, Sumedang teh ngarangrangan Kiwari sirungan deui Hanjuang jadi perlambang Cacandran dayeuh Sumedang Kutamaya panganjrekan nu baheula Jadi ciri kadigjayan Diriung ku gunung-gunung Gungung puyuh pangupukan Palasari mawa sari Gunung konci jadi saksi Tampomas nu mawa endah Matak sungkan nu rek mulang Patanina sugih mukti Padagang saruka senang Pangagung jeung rahayatna, runtut raut sauyunan Dina ngudag kamajuan Singkil sabilulungan ngalaksanakeun pangwangunan Bari nyekel deleg agama jeung darigama Dibalur jejer “Sumedang Tandang Nyandang Kahayang” Menjelang #Smd439 #sumedang439 #jatinangor #awanistudento #kangims #sumedang #jawabarat #indonesia

A post shared by kang ims (@kang_ims) on