Update Covid-19 Sumedang, 20 Maret 2020

Siaran pers perkembangan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang pada tanggal 20 Maret 2020.

1. Situasi dan kondisi terkait penyebaran Covid-19 pada tanggal 20 Maret 2020 di Kabupaten Sumedang relatif terkendali. Namun demikian kami tetap waspada dan bekerja keras melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19 secara terstruktur, sistemik dan masif, dengan melibatkan multistakeholders. Perkembangannya sebagai berikut :

  • Positif Covid-19 : 0 (tidak ada)
  • Pasien Dalam Pengawasan (PDP) : 1 orang
  • Orang Dalam Pemantauan (ODP) : 30 orang

Untuk ODP ada pengurangan 21 orang. Keterangannya adalah 26 orang keluar dari pemantauan dan lima orang baru masuk dalam pemantauan (TKI tiga orang, dan mahasiswa pulang dari luar negeri dua orang).

2. Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang saat ini telah menerima bantuan alat kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berupa Alat Pelindung Diri (APD) 32 set, yakni untuk RSUD 22 set dan Dinkes 10 set. APD yang sudah tersedia di RSUD 129 set (eksisting). Jadi total APD yang siap digunakan di RSUD ada 161 set.

3. Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang saat ini sedang melaksanakan pengadaan alat kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT).

4. Di samping alat kesehatan, dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari BTT, kami sedang menyiapkan paket jaring pengamanan sosial ekonomi untuk warga masyarakat yang terdampak langsung kebijakan Social Distancing (membatasi interaksi sosial), khususnya kebijakan belajar dari rumah. Dalam pelaksanaannya kami bersinergi dengan BAZNAS Kabupaten Sumedang serta kalangan swasta dan para agnia.

5. Dalam rangka menjaga ketahanan pangan seiring dengan adanya pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Kabupaten Sumedang telah menyiapkan benih padi sebanyak 100 ton dan benih jagung sebanyak 69 ton (Bantuan Pemerintah Pusat). Adapun untuk ketersediaan pangan yang langsung pengadaannya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang, saat ini sedang disiapkan stok beras sebanyak 100 ton. Di sisi lain kami terus berkoordinasi dengan BULOG untuk menjamin ketersediaan dan stabilitas bahan pangan.

(Sumber: instagram @humas_sumedang)

Judul: Update Covid-19 Sumedang, 20 Maret 2020

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 21 Maret 2020

Sharing

Komentar

Warta Puseur Dayeuh Kabupaten Sumedang