100 Tahun Monumen Lingga

Peringatan Hari Jadi Sumedang yang ke-441 di tahun 2019 ini ada yang spesial. Karena pada tahun ini bertepatan dengan seratus tahun usia monumen Lingga yang berlokasi di tengah Alun-alun Sumedang. Jadi selain memperingati Hari Jadi Sumedang, tahun ini juga warga Sumedang sekaligus memperingati 100 Tahun Lingga.

Pemerintah Kabupaten Sumedang mengadakan acara khusus dalam rangka peringatan Saabad Lingga yang menjadi bagian dari kegiatan Hari Jadi Sumedang ke-441. Peringatan 100 Tahun Lingga ini dilaksanakan pada hari Kamis, 25 April 2019 dengan bertempat di Alun-alun Sumedang. Peringatan 100 Tahun Lingga ini dipimpin langsung oleh Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir. Acara dimulai pada pagi hari yang ditandai dengan penandaan saabad monumen Lingga tak ketinggalan juga doa bersama. Berdasarkan informasi yang disebarkan oleh akun instagram @humas_sumedang, acara peringatan ini dihadiri oleh 100 Rurukan, 100 Tokoh, 100 Tumpeng, 100 Cai Kahuripan, dan 100 Pusaka.

Monumen Lingga sendiri merupakan landmark yang menjadi ciri peradaban kebudayaan yang diantaranya adalah sungai gunung dan laut. Selain sebagai landmark, monumen Lingga juga menjadi lambang Kabupaten Sumedang. Dengan fungsinya ini, masyarakat Kabupaten Sumedang wajib melestarikan cagar budaya tersebut. 

Judul: 100 Tahun Monumen Lingga

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 01 Mei 2019

Sharing

Komentar

Warta Puseur Dayeuh Kabupaten Sumedang