100 Hari Kerja: Sumedang Agamis

Program 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Sumedang terpilih pada Pemilukada 2018 yang lalu salah satunyanya adalah Sumedang Agamis. Program ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta mewujudkan visi Kabupaten Sumedang yaitu terwujudnya masyarakat Sumedang yang sejahtera, agamis, maju, profesional dan kreatif (Simpati) pada tahun 2023, khususnya dalam mewujudkan masyarakat Sumedang yang agamis akhlaklnya.

Program-program yang dijalankan ini berlaku bagi semua kalangan baik bagi kalangan pegawai di berbagai instansi pemerintahan maupun masyarakat umum yang beragama Islam atau muslim. Sementara bagi non-muslim, menjalankan peribadatan sesuai dengan agamanya masing-masing.

Program yang berlaku bagi pegawai muslim pada OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Instansi Vertikal, BUMN (Badan Usaha Milik Nasional) dan BUMD (Badan Usaha Milih Daerah) diantaranya adalah:

  • Menghentikan kegiatan/aktivitas ketika adzan dikumandangkan pada saat jam kerja dan wajib melaksanakan shalat berjama'ah di masjid atau mushola terdekat.
  • Aktif mengikuti taklim aparatur, berhijab bagi perempuan muslim.
  • Membaca bersama-sama minimal 1 (satu) ayat Al-Quran sebelum memulai bekerja
  • Menyelenggarakan 1 (satu) kali dalam setiap minggu siraman rohani dari dan oleh sesama karyawan.

Sementara program yang dijalankan oleh seluruh warga masyarakat Sumedang:

  • Mengikuti secara aktif Gerakan Maghrib Mengaji dan Shalat Berjama'ah di Masjid/Mushala
  • Mengikuti kegiatan keagamaan secara rutin dan aktif yang diselenggarakan masing-masing daerah dari mulai RT/RW, desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten
  • Turut serta secara aktif memeriahkan setiap pelaksanaan Hari Besar Keagamaan sesuai dengan agama yang dianutnya
  • Setiap Jum'at rutin bergotong-royong menjaga dan memelihara kelengkapan dan kebersihan tempat peribadatan dan lingkungan tempat tinggal.

Judul: 100 Hari Kerja: Sumedang Agamis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 20 November 2018

Sharing

Komentar

Warta Puseur Dayeuh Kabupaten Sumedang