100 Hari Kerja: Program Inovasi Layanan Administrasi Kependudukan

Dalam rangka mempermudah pelayanan terhadap masyarakat dalam memperoleh dokumen administrasi kependudukan, pemerintah Kabupaten Sumedang mencanangkan layanan administrasi kependudukan. Pencanangan layanan administrasi kependudukan ini dilaksanakan di Alun-alun Darmaraja pada hari ini, Selasa 6 November 2018.

Pencanangan layanan ini merupakan bagian dari program atau agenda 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sumedang terpilih 2018 - 2023.

Dengan adanya inovasi pelayanan administrasi kependudukan ini, penduduk Kabupaten Sumedang yang membutuhkan layanan administrasi kependudukan seperti e-KTP, cukup datang satu kali ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang. Datang ke kantor Disdukcapil untuk menyerahkan berkas persyaratan yang diperlukan dalam membuat dokumen administrasi kependudukan dan mendapatkan resi atau bukti permohonan. Kemudian tinggal menunggu di rumah sekitar tiga sampai dengan lima hari untuk mendapatkan kiriman dokumen yang diajukan ke Disdukcapil. Dokumen kependudukan yang diminta akan dikirim langsung ke rumah pemohon lewat layanan PT. POS Indonesia. Sehingga pemohon tidak perlu datang lagi ke kantor Disdukcapil untuk mengambil hasilnya.

Bagi pemohon yang akan membuat dokumen kependudukan untuk kali pertama dan belum pernah melakukan perekaman e-KTP, maka pemohon datang ke kecamatan sesuai dengan domisili atau ke kantor Disdukcapil atau ke tempat perekaman e-KTP untuk melakukan perekaman e-KTP. Setelah selesai, pemohon akan mendapatkan resi atau bukti perekaman. Pemohon tidak perlu datang lagi ke kantor Disdukcapil untuk mengambil hasilnya, karena dokumen hasilnya akan dikirim langsung ke tempat pemohon menggunakan layanan PT. POS Indonesia.

Selain pencanangan inovasi layanan administrasi kependudukan, dilakukan juga penandatanganan kerja sama dengan Rumah Sakit Umum atau tempat persalinan lainnya dalam program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) Tingkat Kabupaten Sumedang. Dengan adanya kerja sama ini, penduduk Kabupaten Sumedang yang baru lahir di Rumah Sakit Umum atau RS lainnya yang sudah bekerja sama dengan Disdukcapil akan mendapatkan penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Akta Kelahiran bagi anak, dan perubahan Kartu Keluarga (KK) bagi orang tuanya. Dengan catatan harus memenuhi persyaratan. Dokumen kependudukan hasilnya akan diserahkan ke tempat persalinan selama tiga hari, namun jika sudah pulang dokumen tersebut akan diantarkan lewat layanan PT. POS Indonesia.

(Sumber: instagram @humas_sumedang)

Judul: 100 Hari Kerja: Program Inovasi Layanan Administrasi Kependudukan

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 06 November 2018

Sharing

Komentar

Warta Puseur Dayeuh Kabupaten Sumedang