100 Hari Kerja: Layad Rawat

Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam hal ini Bupati Kabupaten Sumedang telah meluncurkan Program Layad Rawat. Program ini diluncurkan pada tanggal 15 November 2018 sebagai bagian dari program 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Sumedang terkait bidang kesehatan.

Program Layad Rawat ini merupakan solusi dalam pelayanan kesehatan untuk menjawab tantangan bahwa kesehatan merupakan hak bagi setiap warga negara. Dalam program petugas kesehatan akan mendatangi secara langsung rumah warga yang membutuhkan. Istilahnya, jemput bola dalam pelayanan kesehatan ini.

Program Layad Rawat ini diperuntukan khusus bagi masyarakat yang sakit dan membutuhkan pertolongan pelayanan kesehatan namun memiliki keterbatasan seperti masyarakat kurang mampu, sulit transportasi dan kesulitan mobilitas. Masyarakat yang membutuhkan layanan ini bisa melapor dengan cara menghubungi nomor 119 lewat handphone. Laporan akan diterima oleh tim Layad Rawat untuk dicatat dan diverifikasi apakah kasus yang dilaporkan tersebut berkategori gawat atau tidak.

Untuk kasus gawat tim Layad Rawat akan mengirimkan petugas dari Puskesmas terdekat untuk datang rumah pasien dan memberikan layanan sesuai kebutuhan. Bila kondisi pasien gawat, petugas akan menghubungi dan membawa pasien ke puskesmas atau rumah sakit.

Untuk menangani Program Layad Rawat ini, sudah disiapkan petugas sebanyak 74 orang yang dilengkapi dengan dua buah ambulans motor roda tiga dan sembilan motor. Pemerintah Kabupaten Sumedang berharap semoga program ini menjadi ikhtiar untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Sumedang.

Judul: 100 Hari Kerja: Layad Rawat

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 20 November 2018

Sharing

Komentar

Warta Puseur Dayeuh Kabupaten Sumedang