Ngabuburit

Ngabuburit

user image AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Diterbitkan pada: 05 Mei 2017
Gambar Tulisan

Umumnya, bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, tidak bisa dilepaskan ddengan kegiatan yang dinamakan ngabuburit. Kata yang berasal dari Bahasa Sunda ini memiliki arti menunggu waktu sore (maghrib). Jadi ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka menunggu waktu berbuka puasa Ramadhan.

Menunggu sudah menjadi kegiatan yang membosankan. Apalagi jika tidak ada kegiatan yang dilakukan selama menunggu tersebut. Begitu juga dengan menunggu waktunya berbuka puasa, akan terasa membosankan jika tidak ada kegiatan yang bisa menghapuskan rasa bosan tersebut. Untuk itulah ada kegiatan yang secara umum dinamakan ngabuburit.

Jenis kegiatannya ngabuburitnya bisa beragam, tergantung kebiasaan setiap orang dan kondisinya saat itu. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti membaca Al-Quran, menonton televisi, jalan-jalan, menonton konser musik, atau bahkan bisa juga dengan malakukan tidur. Jadi tidak ada batasan dalam hal kegiatannya. Yang jelas adalah ngabuburit itu biasa dilakukan oleh orang yang sedang berpuasa dalam rangka menunggu waktu berbuka.

Bagaimana kalau orang yang tidak berpuasa? Untuk orang yang tidak berpuasa, tidak perlu ngabuburit karena tidak ada yang ditunggu. Mau menunggu waktu berpuasa bagaimana, karena tidak berpuasa.

Dalam ngabuburit ini, yang harus diperhatikan adalah jenis kegiatannya. Lakukan kegiatan yang tidak mengganggu kegiatan puasa baik ibadah puasanya maupun mengganggu ganjaran puasanya. Kegiatan-kegiatan seperti membaca Al-Quran, menghadiri majlis ilmu, atau bisa juga dengan tidur. Jangan sampai melakukan kegiatan yang bisa mengganggu ibadah puasa seperti jalan-jalan ke gunung sehingga menyebabkan letih ke badan. Atau jangan sampai melakukan kegiatan yang bisa mengurangi ganjaran ibadah puasa seperti bersenda gurau ketelanjuran atau bahkan menggunjingkan orang.


Sharing


Komentar

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1438 H

Imsak
Shubuh
Zhuhur
Ashar
Maghrib
Isya