Stadion Wiradadaha, Kandang Persikotas Kota Tasikmalaya

Gambar Tulisan

Stadion Wiradadaha merupakan sebuah stadion modern yang menjadi kandang klub yang berasal dari Kota Tasikmalaya, Persikotas. Dikatakan stadion modern karena telah memenuhi standar internasional dalam hal ini standar FIFA seperti rumput yang digunakan di lapangan, tribun penonton, e-board, scoring board dan kursi yang tahan terhadap api.

Sebelum menjadi stadion yang modern ini, kondisi Stadion Wiradadaha tidak terurus dan terbengkalai. Hal ini tidak lepas dari sengketa kepemilikan aset kompleks stadion Wiradadaha antara pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dengan pemerintah Kotamadya Tasikmalaya. Paska pemekaran wilayah Kabupaten Tasikmalaya menjadi Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, kompleks Stadion Wiradadaha menjadi salah satu aset yang disengketakan. Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang sebelumnya merupakan pemilik aset ini, tidak mau melimpahkan asetnya kepada pemerintah Kota Tasikmalaya.

Setelah 14 tahun baru pada tahun 2016 status kompleks Stadion Wiradadaha memiliki kejelasan sebagai milik pemerintah Kota Tasikmalaya. Untuk memperbaiki kondisi Stadion Wiradadaha, pemerintah Kota Tasikmalaya merenovasi Stadion dengan menggunakan anggaran yang disediakan oleh APBD Propinsi Jawa Barat. Bukan hanya Stadion Wiradadaha yang diperbaiki, tapi juga kawasan Dadaha seluas 15 hektar ikut diperbaiki.

Setelah perbaikan, Stadion Wiradadaha memiliki kapasitas bisa menampung penonton sebanyak 10 ribu tempat duduk. Dan kapasitas ini bisa meningkat menjadi 20 ribu jika tidak menggunakan tempat duduk.

Judul: Stadion Wiradadaha, Kandang Persikotas Kota Tasikmalaya

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 24 Agustus 2017

Warta Terkait

Sharing

Komentar

Jadwal Pertandingan