Tiga dari Lima Pasang Calon Independen Lolos Syarat Dukungan Pemilukada Sumedang 2018

Foto Profil Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Diterbitkan pada: 06 Desember 2017
Gambar Tulisan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang telah membuka tahapan penyerahan syarat dukungan calon perseorangan pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Sumedang 2018. Tahapan ini dibukan selama lima hari mulai tanggal 25 November dan berakhir pada 29 November 2017 dengan tempatnya di Aula KPU Kabupaten Sumedang.

Hasil dari tahapan ini, ada lima pasang calon yang mendatangi KPU Kabupaten Sumedang. Kelima pasang bakal calon tersebut adalah Setya Widodo-Sonia Sugian, Zaenal Alimin-Asep Kurnia, Ecek Karyana-Tatang Sudrajat, Uteng Nurhayat-Djaka Abdurrachman, dan Ade Guntara-M. Saefudin. Namun dari kelima pasang bakal calon tersebut, hanya tiga pasang saja yang menyerahkan berkas persyaratan dukungan, yaitu tiga pasang yang disebutkan pertama. Sementara dua pasangan lagi tidak menyerahkan berkas persyaratan dikarenakan kurangnya jumlah dan sebarannya.

Paska menerima penyerahan berkas dukungan persyaratan ini, KPU Kabupaten Sumedang kemudian melakukan pemeriksaan atau penghitungan jumlah dukungan yang dibawa masing-masing bakal calon. Hasil verifikasi berkas yang masuk tersebut, KPU Kabupaten Sumedang menyatakan ketiga pasangan yang menyerahkan berkas persyaratan dukungan lolos syarat dukungan, sebagaimana dilansir oleh Kilatnews.com. Sehingga ketiga pasang bakal calon ini akan mengikuti proses verifikasi faktual yang akan dilakukan oleh KPU Kabupaten Sumedang pada tanggal 12 sampai dengan 25 Desember 2017.

Verifikasi faktual dilakukan dengan melibatkan PPK dan tenaga pendukung dengan cara datang langsung ke rumah-rumah sebagaimana yang tertera di e-KTP yang diserahkan oleh bakal calon perseorangan. Warga masyarakat yang didatangi alan membuat pernyataan secara tertulis dan ditandatangani, baik mendukung pencalonan maupun keberatan terhadap dukungan terhadap bakal pasangan calon.

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang