Tahapan Pemilukada Kabupaten Sumedang 2018

Foto Profil Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Diterbitkan pada: 09 Mei 2017
Gambar Tulisan

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Sumedang tahun 2018 tidak berdiri sendiri. Namun pelaksanaannya ditarik menjadi Pemilukada serentak yang melibatkan sekitar 171 daerah di seluruh Indonesia baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Sehingga pengaturan mengenai pelaksanaannya ditentukan dan diatur langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang sebagai pelaksana Pemilukada di Kabupaten Sumedang sudah menerima rancangan tahapan Pemilukada yang sudah dikeluarkan oleh KPU Pusat. Berdasarkan rancangan yang sudah dikeluarkan tersebut tahapan Pemilukada khususnyanya Pemilukada Kabupaten Sumedang akan dimulai pada bulan Juli 2017.

Untuk pelaksanaan pemilihannya sendiri akan dilakukan pada pertengahan bulan Juni 2018. Dengan dilaksanakannya pada bulan Juli, pemimpin (bupati) yang terpilih tidak perlu menunggu lama untuk pelantikannya. Pelantikan bupati Sumedang sendiri akan dilaksanakan tanggal 5 Juli 2016. Jika tidak ada gugatan permohonan perselisihan hasil pemilihan, penetapan calon terpilih akan dilakukan pada tanggal 24 - 25 Juni 2018. Namun jika terjadi perselisihan, maka harus menunggu dulu keputusan pengadilan dan penetapan calon terpilihnya dilakukan tiga hari setelah putusan pengadilan.

Kemudian untuk penetapan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sumedang akan dilakukan pada tanggal 22 Januari 2018. Tahapan berikutnya adalah tahapan kampanye yang dilakukan selama lima bulan. Masa kampanyenya dimulai pada tanggal 26 Januari 2018 dan berakhir pada tanggal 5 Juni 2018 atau tiga hari sebelum pemungutan suara.


Sharing


Komentar

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang