Rapat Kerja Pencalonan Pemilukada Sumedang 2018

Foto Profil Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Diterbitkan pada: 11 September 2017
Gambar Tulisan

Dengan mengambil tempat di Hotel Asri Asia Plaza Sumedang, pada hari Ahad 10 September, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Sumedang telah menyelenggarakan Rapat Kerja Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang tahun 2018. Pada kesempatan ini, KPU Kabupaten Sumedang memaparkan mengenai teknis pencalonan pada Pemilukada Sumedang 2018.

Rapat kerja ini bukan hanya dihadiri oleh bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan saja, namun juga dihadiri oleh perwakilan partai politik yang ada di Kabupaten Sumedang. Sebagaimana diwartakan oleh RRI bakal calon dari perseorangan yang turut hadir dalam kegiatan ini adalah Zaenal Alimin, Asep Kurnia, Setya Widodo, Ecek Karyana, Moch. Agung Anugrah dan Oom Supriatna.

Dari rapat kerja ini diketahui bahwa jumlah minimum perolehan kursi partai politik atau gabungan partai politik agar bisa mencalonkan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang tahun 2018 adalah 20 persen. Dengan jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang sebanyak 50 kursi, syarat minimalnya adalah sepuluh kursi. Kemudian untuk akumulasi perolehan suara sah sebagai syarat pencalonan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang tahun 2018 adalah sebanyak 25 persen dari 636.640 atau setidaknya 159.160 suara. Ketentuan ini berlaku bagi partai politik yang memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Sumedang pada Pemilu tahun 2014.

Sementara untuk pencalonan dari jalur perseorangan, syarat minimal jumlah dukungan adalah 7,5 persen dari total pemilih. Jumlah pemilihnya telah ditetapkan menggunakan DPP Pemilihan Presiden 2014 yang sebanyak 838.114 orang. Sehingga jumlah minimal dukungannya berupa KTP dukungan minimal 62.859. Sebaran dukungan berupa KTP ini minimal setengahnya dari jumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Sumedang.

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang