PKS-Gerindra Membangun Koalisi Medal Tatandang (KMP)

Foto Profil Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Diterbitkan pada: 07 Juli 2017
Gambar Tulisan

Kegiatan yang berbeda dilakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerakan Indonesia Raya. Karena jika partai lain belum memikirkan dan masih menimbang-nimbang untuk berkoalisi dengan partai peserta pemilu lainnya, kedua partai ini sudah memutuskan untuk membangun koalisi. Dalam menghadapi pelaksanaan Pemilukada 2018 Kabupaten Sumedang, kedua partai ini sudha memutuskan untuk membangun koalisi.

Sebenarnya, koalisi yang dibangun PKS dan Gerindra ini tidak berlangsung secara instan. Menurut keterangan ketua DPD PKS Kabupaten Sumedang, koalisi ini dibentuk setelah adanya diskusi yang panjang baik di internal PKS sendiri maupun antara PKS dan Gerindra. Koalisi ini dibangun atas dasar kesepahaman bahwa dalam menghadapi Pilkada tahun 2018 di Kabupaten Sumedang perlu dibangun kekuatan alternatif yang solid, efektif dan fleksibel. Selain itu, akar koalisi antara PKS dan Gerindra juga sudah terjalin cukup baik, apakah di tingkat Pusat, Provinsi maupun beberapa Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilukada sebelumnya.

Koalisi antara PKS dan Gerindra ini dideklarasikan di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor pada hari Sabtu tanggal 17 Juni 2017. Koalisi ini kemudian diberi nama Koalisi Medal Patandang (KMP). Walau sudah mendeklarasikan koalisi, namun untuk calon yang diusung dalam Pemilukada 2018 masih belum dibicarakan. Belum ada pembicaraan terkait pasangan calon yang dijadikan andalan untuk menyambut pelaksaan Pemilukadanya. Dan koalisi ini masih terbuka bagi elemen tokoh atau partai politik lain yang ingin bergabung dan bersinergi. Karena koalisi KMP ini sifatnya terbuka.

Walaupun masing-masing partai yang masuk koalisi sudah memperkenalkan bakal calonnya, namun dalam perkembangan selanjutnya ditentukan dengan mengamati dinamika yang berkembang sambil mendorong bakal calon yang sudah ada untuk tetap melakukan sosialisasi di masyarakat. Penentukan pasangan calon, nantinya akan dilakukan satu pintu yaitu dibahas di antara anggota koalisi. Salah satu parameter yang digunakan adalah hasil survey elektabilitas dan popularitasnya.

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang