Peta Koalisi Partai Politik di Kabupaten Sumedang

Foto Profil Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Diterbitkan pada: 01 September 2017
Gambar Tulisan

Untuk sementara, menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Sumedang 2018, baru ada dua koalisi yang sudah diresmikan. Yang pertama PDI Perjuangan dengan Partai Golkar, dan yang kedua Koalisi Medal Patandang (KMP) yang diisi oleh Partai Gerindra dan PKS. Di luar kedua koalisi itu, belum ada tanda-tanda akan segera membangun koalisi.

Untuk partai politik yang memiliki wakilnya di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang, tersisa PPP, PAN, PKB dan Demokrat yang belum membangun koalisi. Bagi partai tersebut, tidak mungkin untuk mengusung calon tersendiri atau masing-masing. Hal ini dikarenakan jumlah kursi yang dimiliki masing-masing partai politik terebut di DPRD Kabupaten Sumedang tidak mencukupi untuk mengusulkan calon mandiri. Sehingga tidak ada jalan kecuali membangun koalisi.

Sebagaimana diketahui, syarat mengajukan calon Bupati/Wakil Bupati dalam Pemilukada, partai politik yang mengusungnya harus memiliki jumlah kursi minimal 20 persen dari jumlah total kursi DPRD. Untuk Kabupaten Sumedang, berdasarkan hasil Pemilihan Umum 2014, jumlah kursi DPRD yang dimiliki oleh partai politik tersebar ke dalam delapan partai politik. Dari delapan partai politik tersebut, hanya PDI Perjuangan dan Partai Golkar saja yang memiliki jumlah kursi yang mencukupi untuk mengajukan calon dalam Pemilukada 2018. PDI Perjuangan memiliki 13 kursi, sementara Partai Golkar 10 kursi. Selain keduanya, partai politik di Kabupaten Sumedang memiliki kursi kurang dari 10.

Partai Demokrat, PAN dan PKB sebenarnya bergabung menjadi satu fraksi di DRPD Kabupaten Sumedang. Fraksi gabungan ketiga partai politik ini memiliki kursi total sebanyak 10 kursi. Sehingga jika dihitung gabungan partai politik di fraksi ini bisa mencalonkan dalam Pemilukada Kabupaten Sumedang 2018. Namun mungkinkah ketiganya berkoalisi? Mungkin sih mungkin, hanya saja salah satu partai politik harus mengalah dengan tidak memiliki calon baik calon bupati maupun calon wakil bupati.

Dan, jangan diabaikan juga PPP yang memiliki fraksi tersendiri dengan jumlah kursi enam buah. Dengan tambahan empat kursi dari partai politik lainnya, bisa mengusung calon dalam Pemilukada 2018.

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang