Persiapan Pemilukada 2018 Sudah Mulai Dilakukan

Foto Profil Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Diterbitkan pada: 09 Mei 2017
Gambar Tulisan

Menjelang dilaksanakannya hajat besar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Sumedang tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang sudah mulai bergerak melakukan berbagai persiapan. Walau pelaksanaan Pemilukadanya diundur menjadi sekitaran bulan Juni 2018 yang sebelumnya dilaksanakan pada bulan Februari, namun persiapan sudah mulai dilakukan karena disesuaikan dengan Pemilukada serentak. Karena sifatnya yang serentak dan melibatkan sekitar 171 daerah, tahapan Pilkada 2018 di Kabupaten Sumedang diatur langsung oleh KPU Pusat tidak lagi oleh KPU Sumedang.

Berbagai persiapan yang sudah dilakukan oleh KPU Kabupaten Sumedang diantaranya adalah melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait seperti dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sumedang dan juga dengan berbagai parpol. Dan untuk menyambut penyelenggaraan Pemilukada 2018 ini juga sudah dilakukan pendidikan politik kepada masyarakat, terutama kepada para pemilih pemula dan para tokoh masyarakat. Agar pemilih memiliki pemahaman tentang Pemilihan Umum Kepala Daerah ini yang bertujuan untuk memilih pemimpin berkualitas yang bisa membawa manfaat bagi kemajuan Sumedang ke depannya. Jadi, dalam Pemilukada ini bukan hanya urusan coblos-mencoblos.

Persiapan lainnya adalah penyusunan anggaran sementara dari APBD Kabupaten Sumedang sekitar Rp 60 miliar. Anggaran ini belum termasuk dengan anggaran yang berasal dari pendanaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat yang dilaksanakan berbarengan. Dengan adanya pendanaan bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini akan menghasilkan efisiensi pembiayaan Pemilukada Kabupaten Sumedang. Karena ada beberapa pembiayaan yang sama seperti honor petugas dan biaya pengadaan alat peraga.


Sharing


Komentar

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang