PDI Perjuangan Berkoalisi dengan Partai Golkar

Foto Profil Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Diterbitkan pada: 20 Agustus 2017
Gambar Tulisan

Pemilukada serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2018, bagi PDI Perjuangan menjadi hal yang penting. Sesuai dengan petunjuk ketua umumnya, daerah yang menjadi basis partai harus direbut posisi pimpinan kepala daerahnya. Ini termasuk beberapa wilayah di Propinsi Jawa Barat seperti Kabupaten Sumedang, Kuningan, Subang, Banjar, Pangandaran, Cimais dan Karawang. Untuk wilayah-wilayah tersebut PDI Perjuangan harus mengajukan calon kepala daerahnya. Sementara untuk wakilnya bisa dikomunikasikan dengan partai lain.

Untuk level propinsi Jawa Barat yang juga ikut menyelenggarakan Pemilukada serentak 2018, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan telah menjalin kesepakatan dengan Partai Golkar Jawa Barat untuk memenangkan pertarungan memperebutkan posisi Gubernur Jawa Barat.

Untuk Kabupaten Sumedang, PDI Perjuangan Kabupaten Sumedang tidak ada pilihan lain kecuali harus mendukung calon dari partai sendiri yang akan diusung sebagai calon bupati Kabupaten Sumedang. Dan untuk memuluskannya, PDI Perjuangan Kabupaten Sumedang melakukan komunikasi politik dengan Partai Golkar Kabupaten Sumedang. Kedua partai ini akhirnya secara resmi berkoalisi yang ditandatangani oleh masing-masing ketua yang dilaksanakan di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Sumedang. Penandatangannya dilakukan pada hari Senin tanggal 14 Agustus 2017 yang lalu.

Hasil dari rapat koalisi ini adalah gabungan dua partai besar ini akan mengusung Irwansyah Putra dari PDI Perjuangan sebagai bakal calon bupati Kabupaten Sumedang, sementara calon dari Partai Golkar sebagai bakal calon wakilnya. Bakal calon wakil bupati dari Partai Golkar kemungkinan besar adalah Sidik Jafar yang siap dijadikan bakal calon wakil bupati. Karena bakal calon yang diusung Partai Golkar sebelumnya seperti Eka Setiawan akan maju sebagai bakal calon bupati Sumedang.

Pengajuan bakal calon bupati dari PDI Perjuangan ini berdasarkan pada hasil survey internal. Dimana hasilnya memposisikan Irwansyah sebagai bakal calon favorit jika dibandingkan dengan bakal calon internal lainnya seperti Agus Welianto dan Yadi. Sehingga, DPC PDI Perjuangan memutuskan untuk mengusung Irwansyah sebagai bakal calon bupati Sumedang. Walau demikian, untuk keputusan finalnya menunggu rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan.

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang