KPU Sumedang Goes to School, Sosialisasi Pemilukada untuk Pemilih Pemula

Foto Profil Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Diterbitkan pada: 22 Agustus 2017
Gambar Tulisan

Berdasarkan data Pemilihan Presiden 2014 yang lalu, sekitar 30 persen penduduk Kabupaten Sumedang yang memiliki hak untuk memilih adalah pemilih pemula. Dengan total penduduk yang memiliki hak pilih sebanyak 838.114 orang, sekitar 250 ribu pemilih termasuk pemilih pemula.

Pemilih pemula merupakan generasi muda yang baru mencukupi batas usia pemilih dan biasanya terdiri atas pelajar sekolah menengah atas kelas dua dan kelas tiga. Dengan jumlahnya yang banyak dan akan terus bertambah, pemilih pemula ini dinilai bisa menentukan hasil dari pemilihan umum. Ditambah dengan dimilikinya daya kritis oleh pemilih pemula, maka perlu adanya kegiatan sosialisasi tentang pemilihan umum yang menyasar pemilih pemula tersebut.

Untuk menyasar pemilih pemula ini KPU Daerah Kabupaten Sumedang akan mengadakan kegiatan sosialisasi tentang pemilu bertajuk KPU Goes to School. Kegiatan yang menargetkan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sumedang ini akan dilaksanakan pada bulan September 2017. Targetnya sebanyak 51 sekolah yang di dalamnya terdapat siwwa kelas dua dan kelas tiga.

Tujuan dari kegiatan KPU Goes to School ini adalah untuk mencerdaskan pemilih pemula dalam menyikapi kontestasi Pemilukada 2018. Kemudian juga untuk meningkatkan literasi politik pemilih pemula, agar mereka dapat menggunakan hak pilihnya secara cerdas. Ditambah dengan adanya pengenalan dan pemahaman seputar pemilu, seperti pentingnya pemilu, sekilas tentang demokrasi di Indonesia, himbauan untuk tidak golput dan simulasi pencoblosan di TPS.

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang