Kesbangpol Lakukan Sosialisasi Pada Pemilih Pemula

Foto Profil Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Diterbitkan pada: 19 Juni 2017
Gambar Tulisan

Pemilukada tahun 2018 di Kabupaten Sumedang akan diikuti oleh pemilih pemula dengan jumlah yang cukup banyak. Hal ini berdasarkan pada proyeksi jumlah penduduk di Kabupaten Sumedang pada tahun 2016 berdasarkan pada data sensus penduduk tahun 2010 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS). Berdasarkan data tersebut, penduduk Kabupaten Sumedang yang berusia antara 15 sampai dengan 19 tahun berjumlah 99.656 orang atau sebesar 11,61 persen dari jumlah penduduk yang memiliki hak pilih ditambah dengan penduduk berusia antara 20 sampai dengan 24 tahun sekitar 89.046 orang atau sebesar 10,38 persen dari penduduk yang memiliki hak pilih. Dengan demikian jumlah pemilih pemula di Kabupaten Sumedang dengan jangkauan usia 15 s.d. 24 tahun akan mencapai 21,99 persen dari total jumlah penduduk yang memiliki hak untuk memilih.

Melihat kondisi ini, sosialisasi Pemilukada tahun 2018 sangat penting untuk dilaksanakan. Salah satu sosialisasi terkait pemilukada ini telah dilaksanakan oleh Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kabupaten Sumedang. Sosialisasi yang mengusung tema 'Melalui kegiatan sosialisasi Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah Kita Tingkatkan Partisipasi Masyarakat pada Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018' tersebut, mempunyai maksud untuk mensosialisasikan regulasi terkait Pemilihan Kepala Daerah beserta aturan pendukung lainnya kepada para pemilih muda.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh sedikitnya 90 siswa perwakilan dari 14 sekolah setingkat SMA/SMK dari wilayah Kota Sumedang yang merupakan calon pemilih pemula. Kegiatan Sosialisasi ini menghadirkan Narasumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta dari Unsur Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sumedang.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para pelajar yang sudah berusia 17 tahun (calon pemilih pemula), meningkatkan kesadaran para pelajar atas tugas, tanggung jawab dan peran serta dalam penyelenggaraaan pemilihan kepala daerah. Sehingga dapat turut meningkatkan partisipasinya dalam pemungutan suara pada saat pemilihan kepala daerah.


Sharing


Komentar

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang