Sekilas Kontak

Berdiri

2016

Alamat Lengkap

Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di dekat kompleks bendungan Jatigede
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Wisata Tegal Jarong merupakan tempat wisata yang berada di wilayah Desa Cijeungjing. Kawasan wisata ini memanfaatkan bendungan Jatigede sebagai objek utama untuk menarik pengunjungnya. Wisata ini berlokasi di pesisir timur laut bendungan Jatigede.

Wisata Tegal Jarong yang biasa disingkat dengan nama TJ ini menjadi salah satu destinasi wisata bendungan Jatigede yang berlokasi di sebelah timur bangunan bendungan. Wisata ini posisinya tidak terlalu jauh dari bangunan bendungan Jatigede, dan jalur masuknya sama dengan jalur untuk memasuki kawasan bendungan Jatigede. Wisata Tegal Jarong ini berada dekat dengan kawasan penduduk Jatigede dan dikelola oleh Karang Taruna dan warga masyarakat sekitar.

Wisata Tegal Jarong selain menyajikan pemandangan alam bendungan Jatigede, juga menyajikan beberapa lokasi yang bisa digunakan untuk memancing, baik di pesisir bendungan Jatigede maupun agak ke tengah bendungan menggunakan rakit. Termasuk juga penyewaan perahu untuk mengelilingi bendungan Jatigede serta wisata kuliner di atas air bendungan Jatigede.

Wisata Tegal Jarong berada di lokasi yang cukup tinggi namun memiliki akses yang dekat dengan pesisir bendungan Jatigede. Dari lokasi yang cukup tinggi tersebut, pengunjung bisa melihat keindahan bentang permukaan bendungan Jatigede dengan cakupan yang cukup luas. Dari sini, di hadapan wisata Tegal Jarong pengunjung bisa melihat beberapa buah pulau yang muncul di tengah bendungan Jatigede seperti Gunung Surian. Jika melihat ke sebelah kanan, jika cuaca sedang cerah bisa melihat ke seberang yaitu Wisata Alam Tanjung Duriat dengan papan nama raksana bertuliskan Bendungan Jatigede. Hanya saja untuk melihat langsung ke bangunan bendungan Jatigede terhalang oleh bukit dimana kantor pengelola bendungan Jatigede berada. Jika melihat ke sebelah kanan, ada beberapa daratan yang menjorok ke tengah bendungan Jatigede yang merupakan kawasan pertanian berupa lahan ladang dan perkebunan.

Panorama bentang bendungan Jatigede akan semakin indah ketika di sore hari. Syaratnya ketika cuaca cerah, pengunjung bisa melihat lembayung senja beserta matahari yang sedang menuju tenggelam di arah barat. Lembayung senja dan cahaya matahari akan muncul berbentuk bayangan di permukaan air bendungan Jatigede, hingga tenggelamnya matahari tertutup oleh pegunungan.

Bagi yang menyukai wisata memancing, di Tegal Jarong terdapat beberapa lokasi yang biasa digunakan untuk memancing ikan bendungan Jatigede. Lokasi pemancingan ini berada di seberang, di daratan yang menjorok ke tengah bendungan Jatigede, sehingga harus menyeberang dulu. Lokasi ini sangat cocok digunakan untuk wisata memancing karena lingkungannya yang masih alami, kondisi air masih bersih dan terbebas dari bahan kimia. Kemudian suasananya yang hening baik ketika siang maupun malam, hanya ada suara-suara alam. Ditambah lagi masih banyak ikan yang berukuran besar. Sehingga bagi pemancing yang akan memancing di lokasi ini harus menyediakan peralatan memancing yang bagus.

Lokasi pemancingannya berupa rakit yang dilengkapi dengan atap, sehingga tidak perlu kepanasan atau kehujanan. Rakit khusus untuk lokasi pemancingan tersebut biasanya disewakan seharga Rp 10.000 per orang. Jika ditambah dengan ongkos naik perahu karena harus menyeberang bendungan Jatigede bisa lebih dari Rp 15.000. Satu rakit bisa digunakan oleh tiga sampai dengan lima orang pemancing.

Bagi pengunjung yang ingin berkeliling bendungan Jatigede, di lokasi wisata Tegal Jarong juga tersedia banyak perahu motor yang bisa disewa. Perahu yang akan mengantarkan pengunjung untuk berkeliling ke tengah bendungan Jatigede.

Tak ketinggalan juga, sebagaimana keumuman lokasi wisata masa kini, di wisata Tegal Jarong tersedia juga beberapa spot yang bagus untuk swafoto baik foto sendiri (selfie) maupun foto bersama (wefie). Salah satunya adalah bangunan tugu yang terbuat dari ban bekas berukuran besar bertuliskan Tegal Jarong Bendungan Jatigede. Di sini pengunjung bisa swafoto berlatarkan tugu tersebut ditambah dengan hamparan bendungan Jatigede di belakangnya. Dan yang satu lagi berupa tugu berbentuk hati (love) yang ditempatkan di atas ban bekas yang juga berukuran besar. Sebagaimana lokasi pertama, di sini juga pengunjung bisa swafoto di dekatnya dengan latar belakang bendungan Jatigede.

Selepas berkeliling wisata Tegal Jarong, pengunjung tidak perlu khawatir jika merasa lapar atau haus. Di lokasi wisata Tegal Jarong tersedia banyak warung yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman. Namun, bagi pengunjung yang ingin merasakan makanan yang spesial, bisa memesan makan berupa nasi liwet lengkap dengan lauk pauknya seperti ikan bakar atau ikan goreng. Untuk menyantap makanan tersebut akan lebih nikmat dan menyenangkan lagi jika dilakukan di atas bangunan rakit yang ada di pinggir bendungan Jatigede, apalagi jika rombongan atau banyakan.

Untuk mengunjungi lokasi wisata Tegal Jarong ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Di wisata Tegal Jarong tersedia lokasi parkir kendaraan yang cukup luas. Aksesnya, yang paling bagus menggunakan jalur Tolengas ke Jatigede karena kondisi jalannya sudah bagus dan beraspal. Dari pusat kecamatan Jatigede dilanjutkan menyusuri jalan ke arah bendungan Jatigede. Sebelum masuk ke kompleks bendungan Jatigede, belok kiri ke arah Tegal Jarong.

Untuk akses dari lokasi lainnya bisa menggunakan jalan lingkar Jatigede baik lingkar barat maupun lingkar timur. Namun kondisinya masih jalan berbatu, belum beraspal. Tujuannya adalah pusat Kecamatan Jatigede yang dilanjutkan ke kompleks bendungan Jatigede.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 24 Maret 2018

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang