Sekilas Kontak

Berdiri

2016

Alamat Lengkap

Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di aliran Sungai Cihonje Desa Citengah
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Pedesaan Cipameungpeuk - Citengah

River tubing merupakan wisata baru yang muncul khususnya di wilayah Kabupaten Sumedang. River tubing yang biasa dilakukan ini terletak di aliran sungai Cihonje yang menjadi salah satu hulu sungai Cipeles. Bagian sungai Cihonje yang biasa digunakan berada di wilayah Desa Citengah dan Desa Cipancar.

Wisata river tubing menggunakan aliran sungai yang tidak terlalu besar, sehingga cocok jika menggunakan aliran Sungai Cihonje. Wisata yang dikenal juga dengan nama papalidan ini biasanya menggunakan ban dalam mobil. Ban dalam mobil yang diisi udara ini digunakan sebagai perahu untuk mengarungi aliran sungai. Biasanya satu ban digunakan oleh satu orang saja. Pelaksanaan river tubingnya bisa dilakukan sendiri-sendiri atau berkelompok.

Mulanya, kegiatan river tubing di sungai Cihonje ini dilakukan oleh anak-anak dari Ciawi. Dari Ciawi ini kemudian merambat ke arah hulu sungai Cihonje yaitu daerah Cipancar dan Citengah. Titik awal atau start yang biasa digunakan untuk kegiatan river tubing ini berada di kawasan Desa Citengah tepatnya di dekat TPU Desa Citengah. Lokasi ini diambil karena menjadi pertemuan tiga anak sungai yang bergabung menjadi Sungai Cihonje. Dengan adanya gabungan aliran anak sungai ini, aliran sungai Cihonje dari titik ini menjadi cukup besar dan bagus ketika digunakan untuk kegiatan river tubing.

Selain dari titik pertemuan tiga anak sungai tersebut, sebagian lagi biasa menggunakan lokasi sungai Cihonje sebelum titik pertemuan ini. Tepatnya di dekat kolam Cibingbin namun jalur ini memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi karena lumayan terjal.

Dari titik awal ini, peserta river tubing menyusuri aliran Sungai Cihonje ke arah utara. Melintasi wilayah Desa Citengah dan Desa Cipancar sampai berakhir di jembatan Kampung Ciawitali Desa Cipancar. Jarak tempuh antara titik awal dan titik akhir ini lebih dari satu kilometer dengan waktu tempuh mencapai satu sampai dengan dua jam. Lamanya waktu yang dibutuhkan ini tergantung dari besarnya arus aliran sungai Cihonje. Jika alirannya cukup besar, maka akan lebih cepat, sementara jika aliran airnya kecil akan lebih lambat.

Selama kegiatan river tubing di sungai Cihonje ini, peserta akan disuguhi pemandangan alam yang masih asri. Sisi kiri dan kanan aliran Sungai Cihonje merupakan hamparan pesawahan. Di beberapa tempat, sisi kanan sungai berupa kawasan kehutanan.

Bagi yang berminat untuk mencoba kegiatan river tubing di aliran sungai Cihonje ini, bisa datang langsung ke wilayah Desa Cipancar atau Desa Citengah yang berada di kawasan Kecamatan Sumedang Selatan. Sepanjang jalan menuju Desa Citengah ini, banyak warga yang menyewakan ban dalam mobil untuk kegiatan river tubing. Atau jika ingin menggunakan jasa penyelengara kegiatan river tubing, bisa menghubungi Kalahari Adventure atau Kamuning Fun Tubing atau juga Sumedang Outdoor Activity yang sudah biasa mengadakan kegiatan river tubing di sungai Cihonje.

Dan bagi yang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan kegiatan sampai dengan satu jam atau ingin wisata river tubing dengan waktu yang sebentar, bisa menggunakan wahana river tubing di Kampung Karuhun.

Untuk akses ke lokasinya sendiri, tidak terlalu sulit. Bisa menggunakan jalan besar yang menghubungkan kota Sumedang dengan wilayah Desa Citengah. Akses ke titik lokasi awal (start) dan akhirnya (finish) juga tidak terlalu jauh dari jalan tersebut.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 28 Mei 2018

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang