Sekilas Kontak

Berdiri

2017

Alamat Lengkap

Kampung Burujul Desa Jemah Kecamatan Jatigede


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di dekat jalan lingkar timur Jatigede
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Wisata Panenjoan merupakan sebuah lokasi wisata yang berada di pesisir timur laut bendungan Jatigede. Tepatnya berada di wilayah Kampung Burujul Desa Jemah Kecamatan Jatigede. Sebagaimana wisata lainnya yang berada di seputaran bendungan Jatigede, wisata Panenjoan oge mengandalkan indahnya pemandangan bendungan Jatigede.

Wisata Penenjoan Jatigede ini berada di ketinggian perbukitan yang tidak terlalu jauh dari pesisir bendungan Jatigede. Dari kawasan wisata ini, pengunjung bisa melihat langsung pemandangan bendungan Jatigede dengan jangkauan yang cukup luas. Pemandangan terhadap bentang bendungan Jatigede tidak terhalang oleh penghalang bangunan atau pepohonan. Deretan beberapa pulau yang muncul ke permukaan bendungan Jatigede terlihat jelas dari lokasi ini, seperti Gunung Surian. Bahkan jika kondisi cuaca sedang cerah, pengunjung bisa melihat pemandangan di seberang bendungan Jatigede di kawasan Puncak Damar dan Kampung Cisema.

Kawasan wisata Panenjoan ini berada di atas bukit di atas lahan yang diratakan. Di sini dibangun beberapa bangunan penunjang yang akan memanjakan pengunjung wisata Panenjoan. Bangunan yang ada di sini berupa bangunan gazebo yang mengelilingi tanah lapang, dengan sembilan bangunan gazebo kecil berukuran sekira 5 x 5 meter yang berada di bagian barat laut dan barat daya, ditambah dua bangunan gazebo yang cukup besar berada di sebelah timurnya. Di pojok barat yang menjadi muka lokasi wisata Panenjoan ke arah bendungan Jatigede terdapat penanda wisata ini berupa deretan huruf yang menyusun kata PANENJOAN.

Bagi pengunjung wisata Panenjoan, penanda wisata PANENJOAN ini menjadi lokasi favorit sebagai lokasi swafoto (selfie). Berfoto di sini bisa menyertakan latar belakang berupa bentang permukaan bendungan Jatigede.

Walau kadang kondisi di lokasi ini agak panas ketika di siang hari dengan cuaca cerah, namun suasana alam sekeliling wisata Panenjoan akan membawa kesejukan bagi pengunjungnya. Kawasan wisata Panenjoan dikelilingi oleh lahan yang ditumbuhi dengan pepohonan kecuali di bagian timur. Untuk berteduh, pengunjung bisa menggunakan bangunan gazebo yang ada di sini.

Bangunan gazebo yang ada di wisata Panenjoan ini berupa bangunan lesehan, sehingga bagus jika digunakan untuk berkumpul bersama kelurga baik sekedar istirahat atau menyantap makanan. Pengunjung wisata Panenjoan bisa memesan makanan yang tersedia di warung yang ada di sini.

Untuk bisa memasuki lokasi wisata Panenjoan Jatigede, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp 2.000. Sebuah tarif yang sangat murah jika dibandingkan tarif masuk lokasi wisata lainnya di seputaran Jatigede.

Karena berlokasi di pesisir timur bendungan Jatigede, untuk mengakses lokasi ini bisa menggunakan jalur lingkar timur Jatigede dari arah utara karena pembangunan jalan tersebut belum selesai. Jalur terdekat adalah lewat pusat pemerintahan Kecamatan Jatigede ke arah selatan menuju wilayah Desa Cipicung Jatigede. Pertigaan dekat kantor Desa Cipicung mengambil jalan proyek lingkar timur Jatigede ke arah Desa Jemah.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 23 Maret 2018

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang