Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Dinas Kehutanan Kabupaten Sumedang

Alamat Lengkap

Dusun Sukasari Desa Nyalindung Kecamatan Cimalaka


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di ujung jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum
  4. Bisa menggunakan Angkutan Umum Pedesaan Sumedang - Citimun. Turun di perempatan Jalan Karta Adipura. Lanjut ke arah selatan sekitar 1 km

Kawasan sekeliling kaki Gunung Tampomas memang kaya akan sumber mata air. Baik sumber mata air yang hanya difungsikan sebagai sumber air bagi masyarakat sekitar ataupun mata air yang dikembangkan menjadi lokasi wisata. Salah satu lokasi mata air yang menjadi tempat wisata ini salah satunya adalah Mata Air Cikandung.

Mata air Cikandung terletak di bagian barat daya kawasan kaki Gunung Tampomas. Tepatnya terletak di kawasan Dusun Sukasari Desa Nyalindung Kecamatan Cimalaka. Mata air ini keluar dari bawah bukit kecil yang ditumbuhi pepohonan yang menghijau dan berada pada ketinggian sekitar 587 meter di atas permukaan laut. Air dari mata air Cikandung ini mengalir ke arah selatan menuju lahan pertanian berupa lahan pesawahan di Desa Nyalindung dan Desa Trunamanggala. Berdasarkan informasi yang didapat, debit air yang dihasilkan oleh mata air Cikandung ini mencapai 1.200 liter per detik.

Air dari mata air Cikandung ini dimanfaatkan oleh warga masyarakat sekitar untuk kegiatan sehari-hari seperti keperluan mandi dan mencuci. Baik dimanfaatkan langsung di dekat mata air Cikandung maupun dialirkan menggunakan pipa air. Dan aliran air ke hilirnya dialirkan melalui saluran irigasi untuk mengairi areal pertanian terutama pesawahan di bagian selatan mata air Cikandung. Tak ketinggalan juga untuk mengairi areal kolam ikan.

Air yang keluar dari mata air Cikandung ini ditampung dalam sebuah kolam sebelum dialirkan ke saluran irigasi. Sisi timur kolam ini sudah diberi pembatas berupa tembok, sementara sisi baratnya masih berupa pematang sawah. Dan sisi utaranya merupakan kaki bukit yang menjadi sumber airnya yang didominasi oleh bebatuan cukup besar. Kolam penampungan mata air Cikandung ini berupa segi tiga dengan luasan sekitar 30m x 30m. Di sisi barat, selatan dan timurnya merupakan kawasan pesawahan.

Pada awalnya, kolam penampungan ini biasa dipakai oleh masyarakat sekitar untuk kegiatan mandi dan mencuci serta tempat bermain air bagi anak-anak. Dengan menyebarnya informasi, mata air Cikandung menjadi salah satu tujuan wisata khususnya wisata lokal Sumedang. Yang menjadikan mata air Cikandung sebagai lokasi wisata yang layak dikunjungi adalah beningnya air yang keluar dari mata air serta kondisi alam sekitarnya yang masih sangat asri. Ditambah dengan akses menuju lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Sumedang. Apalagi ketika di musim libur lebaran, banyak pemudik yang sengaja datang ke lokasi ini.

Pengunjung mata air Cikandung akan disuguhi hamparan air di kolam penampung yang jernih, sehingga bisa melihat dasar kolamnya secara langsung. Kolamnya sendiri memiliki kedalam yang tidak terlalu dalam, kurang dari satu meter. Selain bening, karena langsung keluar dari mata air, air dari mata air Cikandung ini juga menyegarkan. Selain bermain air atau berenang di kolam ini, pengunjung juga bisa swafoto atau selfie. Didukung beningnya air, selfienya bisa dilakukan di bawah air sebagaimana wisata selfie kekinian.

Dengan potensi yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi wisata, mata air Cikandung saat ini mulai dikelola untuk dijadikan wisata mata air Cikandung. Untuk lahannya sendiri, mata air Cikandung ini berada di kawasan hutan di bawah pengelolaan Dinas Kehutanan Kabupaten Sumedang. Dan pengelolaan kawasan wisatanya dikelola oleh Karang Taruna Desa Nyalindung, dalam hal ini pemerintah Desa Nyalindung menunjuk Kelompok Sangiang Tirta Buana sebagai pengelolanya.

Berbagai fasilitas pendukung sudah melengkapi wisata mata air Cikandung ini. Bagi pengunjung yang ingin bermain air, terutama anak-anak bisa menggunakan alat bantu berupa ban bekas. Bahkan tersedia juga perahu yang bisa digunakan pengunjung berkeliling kolam penampungan. Fasilitas pendukung lainnya adalah tempat parkir, mushola dan toilet. Tak ketinggalan juga warung yang menjajakan jajanan bagi pengunjung.

Untuk aksesnya sendiri, mata air Cikandung bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Pedesaan Sumedang - Citimun. Turun di perempatan dengan jalan Karta Adipura. Dari sini ke arah selatan sekitar 1 km, bisa menggunakan ojeg atau jalan kaki menuju ke Dusun Sukasari.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 04 Mei 2018

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang