Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

jembatan Cikareo Desa Cikareo Utara


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di jalur lingkar barat Jatigede di Desa Cikareo Selatan
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum yang melewati jalur lingkar barat Jatigede seperti Wado - Sumedang dan Tasikmalaya - Cikarang via Sumedang

Wisata arung jeram Wado ini berlokasi di sekitaran Wado dengan memanfaatkan aliran sungai Cimanuk yang berhulu di wilayah Garut dan bermuara di bendungan Jatigede. Aliran sungai Cimanuk sebelum memasuki wilayah bendungan Jatigede dimanfaatkan sebagai wahana arung jeram.

Hanya saja berbeda dengan wisata arung jeram lainnya yang berada di wilayah Sumedang seperti arung jeram Parakan Kondang dan arung jeram Cipeles, arung jeram Wado ini memiliki jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Jarak yang ditempuh selama pengarungan ini sekitar lima kilometer, sehingga cocok bagi penggemar wisata arung jeram short trip. Waktu yang dibutuhkan selama pengarungan di arung jeram Wado ini sekitar satu sampai dengan 1,5 jam.

Wisata arung jeram Wado ini biasanya dimulai di titik start yang berada di jembatan lingkar barat Jatigede. Lebih tepatnya di Rumah Makan Nusa Sari. Dari sini pengarungan dilakukan dengan menyusuri aliran sungai Cimanuk ke arah utara. Pengarungan berakhir di muara sungai Cimanuk yang terletak di bendungan Jatigede atau tepatnya tugu Wado. Untuk grade atau tingkat kesulitannya sendiri, arung jeram Wado ini memiliki grade yang hampir sama dengan arung jeram di Cipeles yaitu 2+ sampai dengan grade 3. Sehingga sangat cocok bagi pemula atau bagi yang mengajak keluarga untuk berwisata arung jeram.

Selain gradenya yang cukup mudah, arung jeram Wado juga cocok bagi pengunjung yang tidak mau berlama-lama di pengarungan. Ini karena jaraknya yang hanya sekitar lima kilometer. Sepanjang pengarungan, selain bisa menikmati arus sungai pengunjung juga disuguhi oleh pemandangan sekeliling berupa hamparan pesawahan dan pemukiman penduduk. Dan di hilirnya disajikan hamparan permukaan bendungan Jatigede.

Karena titik finish arung jeram Wado ini berada di muara sungai Cimanuk di bendungan Jatigede atau dekat tugu Wado, pengunjung bisa berkeliling dulu di sekitaran bendungan Jatigede. Sebelum menyelesaikan arung jeram, pengunjung bisa berkeliling dulu di sekitaran bendungan Jatigede, seperti mengelilingi pulau yang terdekat. Penyelenggara biasanya memberikan jatah waktu untuk bermain atau berkeliling sampai dengan satu jam. Atau kalau mau lebih jauh, bisa juga menyewa jasa perahu nelayan untuk menarik perahu karet arung jeram untuk mengantarkan ke lokasi wisata terdekat seperti ke Pesona Jatigede (PJG).

Tertarik?

Bagi yang ingin mencoba wisata arung jeram Wado ini bisa menghubungi salah satu penyelenggara arung jeram di Sumedang seperti Sumedang Outdoor Activity. Peserta yang akan mengikuti kegiatan arung jeram Wado ini biasanya berkumpul di lokasi awal arung jeram di jembatan Rumah Makan Nusa Sari Wado. Peserta yang mengikuti kegiatan arung jeram ini akan mendapatkan fasilitas berupa asuransi, transportasi lokal dari lokasi finish ke lokasi kumpul, perlengkapan arung jeram, makan, makanan ringan (snack) dan guide.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 22 Mei 2018

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang