Sekilas Kontak

Berdiri

2018

Alamat Lengkap

Blok Ciseupan Dusun Cimarga Desa Karanglayung


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pesawahan blok Ciseupan Dusun Cimarga Desa Karanglayung
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Bisa menggunakan angkutan Umum Sumedang - Buahdua. Dilanjut dengan naik ojeg atau jalan kaki ke wilayah Desa Karanglayung

Di kawasan Desa Karanglayung Kecamatan Conggeang terdapat sumber mata air yang berasa asin. Selain asin, air yang keluar dari mata air tersebut juga terasa hangat, sehingga bisa disebut sebagai mata air panas. Lokasinya berada di kawasan kaki Gunung Tampomas sebelah timur laut, blok Ciseupan Dusun Cimarga.

Karena memiliki rasa asin seperti air garam, mata air ini dikenal dengan nama Ciuyah. Mata airnya berasal dari bawah tanah dengan sumber utama berada di bawah pohon kelapa berupa lubang mata air. Air hangat dari sumber mata air ini dialirkan ke sebuah pancuran oleh warga masyarakat. Pancuran ini biasa digunakan untuk mandi dan berobat bagi orang yang memiliki penyakit gatal-gatal. Sebagian warga juga ada yang memanfaatkan air yang berasa asin ini sebagai sumber air minum untuk hewan ternak sapi.

Berdasarkan keterangan warga sekitar, sumber mata air Ciuyah ini sudah ada sejak lama. Dulunya, sebelum garam dijual di warung-warung, ada warga yang sengaja membuat garam dari air Ciuyah ini. Air dari mata air Ciuyah ini digodok hingga mendidih, kemudian dibiarkan hingga menjadi kristal. Namun semenjak garam banyak tersedia di warung-warung, pembuatan garam ini terhenti.

Sumber mata air ini kondisinya tidak terpengaruh dengan keadaan musim. Walau dalam kondisi musim kemarau, sumber mata air Ciuyah ini tetap keluar dan hangat. Lokasi mata air ini tidak terlalu jauh dari jalan raya yang menghubungkan Conggeang ke Buahdua. Jaraknya sekitar satu kilometer ke arah utara menyusuri jalan menuju ke Desa Karanglayung. Jalan masuk ini sekitar tiga kilometer sebelum wisata air panas Cileungsing dari arah Conggeang. Mata airnya sendiri berada di kawasan pesawahan.

Dengan melihat potensinya, pada tahun 2018 ini pemerintah Desa Karanglayung melakukan penataan sumber mata air Ciuyah ini sehingga menjadi objek wisata air panas. Untuk tahap awal, penataan dilakukan dengan membangun tempat pemandian air panas berjumlah empat ruangan. Semoga saja ke depannya akan lebih berkembang lagi dengan adanya penambahan wahana lainnya, sehingga bisa semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Sehingga mata air Ciuyah ini bisa menjadi alternatif wisata mata air panas selain wisata air panas Cileungsing dan wisata air panas Sekarwangi.

Tertarik mencoba air panas atau hangat yang berasa asin? Silakan kunjungi wisata air panas Ciuyah ini. Aksesnya mudah sekali, bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi menuju ke Desa Karanglayung Kecamatan Conggeang.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 28 Juni 2018

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang