Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

PT. Perhutani

Berdiri

2016

Alamat Lengkap

Desa Cijambu Kecamatan Tanjungsari


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Wana wisata Kampoeng Ciherang merupakan kawasan wisata yang relatif baru berdiri yang berada di wilayah Desa Cijambu Kecamatan Tanjungsari. Wana wisata ini berdiri sekitar akhir tahun 2016 di kawasan hutan pinus dekat dengan aliran sungai Ciherang. Wana wisata Kampoeng Ciherang menawarkan wisata alam yang didukung dengan berbagai fasilitas dan wahana yang akan memanjakan pengunjungnya.

Pada awalnya kawasan hutan pinus ini merupakan lokasi yang biasa digunakan untuk berkemah dan berwisata alam bagi anak-anak sekolah dan warga sekitar di Desa Cijambu. Selain sebagai tempat berkemah, kadang kawasan ini juga menjadi tempat untuk wisata bermotor offroad. Seluruh lahan dipenuhi dengan tegakan pohon pinus dan terdapat aliran sungai yang airnya jernih yang dikenal dengan Sungai Ciherang. Air dari aliran sungai ini biasa digunakan untuk berendam dan bermain air oleh anak-anak sekolah ketika liburan atau pulang sekolah. Sebagian aliran air sungai ini dialirkan ke saluran irigasi untuk mengairi lahan pertanian di sekitar aliran sungai. Di bagian hulunya aliran sungai ini terdapat air terjun.

Kawasan yang merupakan lahan kehutanan di bawah pengelolaan Perhutani KPH Sumedang BKPH Manglayang Timur RPH Cijambu ini sebelumnya tidak dikelola menjadi kawasan wisata. Kemudian muncul desakan dari warga dan pemerintah Desa Cijambu untuk mengelola kawasan sekitar aliran sungai Ciherang ini menjadi kawasan wisata. Kawasan wisata yang memanfaatkan potensi yang ada di sini seperti tegakan pepohonan pinus dan aliran sungai Ciherang di areal dengan luas mencapai 12 hektar. Sehingga panorama alam hutan pinus yang terjaga keasriannya dengan kesegaran udaranya bisa dimanfaatkan baik bagi pengunjung maupun bagi pengelola.

Pengelola kawasan wisata ini menambahkan berbagai fasilitas dan wahana penunjang yang akan memanjakan pengunjung. Tidak mengherankan jika banyak fasilitas dan wahana yang bisa dicoba oleh pengunjung mulai fasilitas untuk beristirahat atau menenangkan diri sampai dengan wahana yang menantang nyali atau menguji adrenalin pengunjung. Baik wahana yang bisa dipergunakan oleh anak-anak maupun bagi orang tua serta bagi semua kalangan. Baik wahana yang sengaja dibuat oleh pengelola maupun wahana yang sudah ada semenjak sebelumnya.

Bagi pengunjung yang membawa keluarganya ke tempat ini bisa mengekplorasi keindahan alam wana wisata Kampoeng Ciherang ini, baik keindahan buatan maupun keindahan yang alami. Atau mau bercengkrama bersama keluarga juga bisa. Sekalian mengasuh anak-anak dengan mencoba wahan-wahana permainan anak yang menarik bagi mereka seperti mini motocross, naik kuda tunggang, rivertubbing maupun outbond khusus bagi anak-anak.

Bagi orang dewasa yang menginginkan wisata yang menguji nyali bisa mencoba berbagai wahana outbond seperti flying fox, jembatan gantung, jaring laba-laba atau jembatan dua tali. Ada juga wahana permainan air seperti arung jeram atau ingin berenang di kolam air yang tersedia dan aliran sungai. Bagi yang mau menginap, bisa dengan memanfaatkan fasilitas camping atau berkemah dan Rumah Pohon.

Bagi yang menyukai tanaman atau hewan peliharaan, di sini juga terdapat wahana Taman Bunga, Taman Burung, Taman Kelinci dan Taman Kupu-kupu. Atau ingin sekalian memancing ikan, bisa juga menggunakan fasilitas kolam pemancingan. Dan bagi yang menyukai berpotret ria bisa mencoba berbagai spot atau lokasi untuk selfie maupun wefie.

Dengan berbagai fasilitas yang ada, kawasan Wana Wisata Kampoeng Ciherang bisa dijadikan tujuan wisata baik bagi penduduk lokal Sumedang maupun luar Kabupaten Sumedang. Tujuan wisata yang berbeda dengan wisata-wisata yang sudah ada sebelumnya. Wana wisata ini ditunjang oleh berbagai fasilitas yang bisa dicoba oleh pengunjung seperti wahana flying foxs, jembatan gantung, jaring laba-laba, jembatan dua tali, jembatan goyang, rivertubbing, mini cross, kunda tunggang, rumah pohon, dan arung jeram. Fasilitas yang akan memanjakan pengunjungnya.

Tak ketinggalan pula, lokasi atau spot jajanan dan wisata kuliner yang mengisi kawasan Wana Wisata Kampoeng Ciherang ini. Bagi pengunjung lokasi wisata ini tidak perlu takut untuk kelaparan atau kehausan, karena tersedia berbagai jenis menu makanan dan minuman yang tersedia di warung makanan dan pedagang makanan.

Kawasan wisata Kampoeng Ciherang juga ditunjang dengan berbagai fasilitas penunjang seperti areal parkir kendaraan yang luas yang bisa menampung berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat, mushola, kamar mandi (MCK), dan penginapan.

Penasaran?

Silakan berkunjung ke Wana Wisata Kampoeng Ciherang yang terletak di Desa Cijambu Kecamatan Tanjungsari. Lokasi ini bisa diakses dari pusat Kecamatan Tanjungsari dengan jarak sekitar 10 kilometer ke arah utara. Namun belum ada angkutan umum yang menuju ke sana, hanya angkutan ojeg yang bisa digunakan selain menggunakan kendaraan pribadi atau sewaaan. Untuk masuk ke Wana Wisata Kampoeng Ciherang ini, pengunjung hanya harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang, ditambah biaya parkir tergantung jenis kendaraannya. Untuk biaya parkir motor yang harus dibayar hanya RP 3.000.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 19 Juni 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang