Logo UKM Simpay Wargi

UKM Simpay Wargi

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di Dusun Kawungluwuk
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum secara langsung

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Ibu Apong

Alamat Lengkap

Jln. Dusun Kawungluwuk Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu

Nomor Telepon

081394035333

Nomor Handphone

081312452727

Web Site

UKM Simpay Wargi


Lokasi

UKM Simpay Wargi merupakan sebuah kelompok usaha yang bergerak di bidang pemanfaatan potensi alam yang melimpah khususnya di wilayah Desa Linggajaya. Potensi alam yang dimanfaatkan oleh kelompok usaha UKM Simpay Wargi ini adalah tumbuhan bambu.

Tumbuhan bambu yang selama ini dimanfaatkan secara terbatas seperti sebagai komponen bangunan (pagar, kaso, tiang bendera) bahkan hanya untuk kayu bakar, oleh UKM Simpay Wargi disulap menjadi sesuatu yang bernilai seni tinggi. Dengan kegigihan dan kreativitas ketuanya yaitu Ibu Apong, UKM Simpay Wargi bisa menghasilkan berbagai karya seni yang diakui bukan hanya di Indonesia bahkan di luar negeri. Beranjak dari konsep sederhana kehidupan tradisi kerajinan rakyat yang memanfaatkan potensi daerah berupa bambu menjadi industri profesional yang bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat serta menghasilkan karya seni fungsional yang bukan hanya diterima di dalam negeri tetapi diunggulkan di luar negeri.

UKM Simpay Wargi telah bersinergi dengan bambu dimana setiap anggotanya berusaha untuk memanfaatkan bambu menjadi produk unggulan kreatif yang bukan hanya enak dilihat tetapi bisa dipergunakan sehari-hari. Di tangan kreatif UKM Simpay Wargi bambu-bambu diolah dengan cermat diawali dengan proses pemilihan bahan, penebangan dan pemotongan, perencanaan kreatif, penyesuaian materi dengan kebutuhan, proses pembuatan karya bambu dan finishing sampai dengan pengiriman produk.

Berbagai produk UKM Simpay Wargi telah dipasarkan ke seluruh nusantara bahkan ke luar negeri. Dusun Kawungluwuk Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang sebagai basis UKM Simpay Wargi juga sering menerima kunjungan wisata baik domestik maupun luar negeri. Dalam proses pembuatan produknya, UKM Simpay Wargi menggunakan tenaga penduduk setempat sehingga bisa memberdayakan warga masyarakat yang sebelumnya memiliki mata pencaharian sebagai petani dan buruh tani. Dengan demikian, bisa menjadi jalan untuk meningkatkan penghasilan masyarakat.

Selain bergerak dalam pembuatan produk berbasis bambu, UKM Simpay Wargi juga menghasilkan produk makanan olahan khas Sunda seperti Keripik Singkong, Opak dan Rangginang. Selain itu, UKM Simpay Wargi juga bergerak dalam usaha jasa simpan pinjam. Produk-produk yang dihasilkan berbahan baku tumbuhan bambu diantaranya adalah Pas Bunga, Lemari, Gambang, Bakul Nasi Kecil, Kursi Bambu Tutul, Tempat Parsel, Tempat Aqua Gelas, Piring/Tekor, Tempat Buah-buahan, Tempat Kue Basah, Sangkar Burung, Teko Set, Bel Angin, Buffet TV dan Kirey/Wide Bambu.

(Sumber: UKM Simpay Wargi)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 12 Mei 2016

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang