Sekilas Kontak

Berdiri

2011

Alamat Lengkap

Pertigaan Conggeang Desa Conggeang Kulon Kecamatan Conggeang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di tengah pertigaan Conggeang
  2. Dilewati Angkutan Umum Sumedang - Buahdua

Tugu Opak Conggeang merupakan sebuah bangunan tugu atau monumen yang berdiri di pertigaan jalan Conggeang. Bangunan tugu ini berdiri di tengah pertigaan jalan Conggeang yang menghubungkan Paseh, Buahdua dan Ujungjaya. Bangunannya berupa tangan manusia yang sedang memegang opak.

Pembangunan Tugu Opak di Conggeang ini erat kaitannya dengan produk olahan yang menjadi andalan dari wilayah Kecamatan Conggeang ini. Kawasan Kecamatan Conggeang terkenal dengan penganan olahan yang dinamakan opak. Berbagai jenis industri rumah tangga memproduksi opak ini baik dalam skala kecil maupun skala besar. Diawali sekitar dekade 1990-an, perkembangan industri penganan opak dan sejenisnya ini mengalami peningkatan. Dan akhirnya, penganan opak ini menjadi ciri khas Conggeang. Sehingga tidak mengherankan jika kemudian dibangun tugu opak yang berlokasi di Conggeang ini.

Tugu Opak Conggeang ini dibangun sekitar akhir tahun 2011. Lokasinya berada di pertigaan Conggeang tepatnya di lahan kosong yang menjadi penanda tengah-tengah pertigaan tersebut. Tempat kosong yang sebelumnya hanya dibangun tembok bundar dengan plang penanda arah di atasnya, diubah menjadi bangunan tugu. Dengan mengambil tempat di tengah pertigaan ini, Tugu Opak akan terlihat dari segala arah oleh pengunjung yang melewati wilayah Conggeang, baik dari arah Paseh, Buahdua maupun dari arah Ujungjaya.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 29 Juli 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang