Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Bunderan Alamsari, Jalan Raya Cirebon-Bandung Sumedang Utara


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di Bunderan Alamsari
  2. Dilewati berbagai angkutan yang melewati Bunderan Alamsari

Dahulu Sumedang dikenal dengan sebutan kota buludru. Setidaknya sampai dekade 1980-an, sebutan ini masih bisa terwakili dengan kondisi kota Sumedang yang rindang dengan pepohonan. Kondisi kota Sumedang waktu itu sangat menyenangkan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Dengan rindangnya pepohonan, menyebabkan teduhnya jalanan, sejuk dan segarnya udara kota Sumedang. Jika dipandang dari udara, Sumedang sangat hijau dan rindang seperti kain beludru.

Banyaknya pepohonan bukan hanya di jalan-jalan protokol, namun di jalan pinggiran juga sama banyak pepohonannya. Dengan perkembangan jaman, pepohonan yang berdiri tegak di pinggir jalan tersebut banyak yang ditebang. Alasannya karena perkembangan pembangunan yang menyeret pepohonan untuk ditebang. Pelebaran jalan menyebabkan pepohonan harus ditebang. Selain itu juga karena alasan keamanan, pepohonan yang sudah tua harus ditebang agar tidak membahayakan.

Dengan kondisi yang asri tersebut, tidak heran jika Kabupaten Sumedang pernah mendapatkan penghargaan piala Adipura. Piala Adipura yang pertama diraih Kabupaten Sumedang sebagai kabupaten yang bersih dan indah pada tahun 1984. Dan pada tahun 1997 Kabupaten Sumedang dibawah kepemimpinan bupati H.M. Husein Jachjasaputra bisa meraih kembali Piala Adipura untuk yang kedua kalinya.

Untuk mengenang raihan Kabupaten Sumedang akan Piala Adipura tersebut, dibangunlah monumen atau tugu Adipura di perempatan (bunderan) Alamsari. Tugu yang menyatakan bahwa Kabupaten Sumedang pernah mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten yang bersih dan indah. Lokasinya yang berada di pintu masuk kota Sumedang dari sebelah timur (dari arah Cirebon) memudahkan dilihatnya. Siapapun yang masuk ke kota Sumedang dari arah timur atau keluar kota Sumedang ke arah timur akan melewatinya.

(Sumber: Inilah.com, DPRD Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 23 Juni 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang