Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang

Alamat Lengkap

Desa Wado Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang

Akun Facebook

Terminal Wado


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Terminal Wado merupakan salah satu terminal yang berada di wilayah Kecamatan Wado. Tepatnya berlokasi di Desa Wado, pinggir jalan propinsi yang menghubungkan wilayah kota Sumedang dengan wilayah Malangbong di Kabupaten Garut dan Bantarujeg di Kabupaten Majalengka.

Berdasarkan pada catatan Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang, terminal Wado memiliki kategori sebagai terminal tipe C. Terminal Wado menjadi satu-satunya terminal tipe C di wilayah Kabupaten Sumedang. Hanya saja kondisinya saat ini tidak bisa berfungsi dengan maksimal yang dikarenakan sebagian wilayahnya ikut tergengang oleh genangan bendungan Jatigede. Pintu masuk ke lokasi Terminal Wado yang terletak di bagian utara tertutup oleh wilayah genangan. Sehingga aksesnya mengandalkan pintu di bagian selatan. Sebelum tergenang air bendungan Jatigede, Terminal Wado mencakup wilayah seluas 10.360 meter persegi.

Ketika normal, Terminal Wado ini menjadi tempat pemberangkatan dan pemberhentian bagian beberapa trayek angkutan umum, baik angkutan umum perkotaan, angkutan umum pedesaan maupun angkutan umum antar-kota. Terminal Wado juga berfungsi sebagai tempat transit untuk beberapa jenis angkutan umum antar-kota.

Angkutan umum yang menjadikan Terminal Wado sebagai pemberangkatan dan pemberhentian diantaranya adalah Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 24 Terminal Rancamulya - Wado, Angkutan Pedesaan (Angdes) 41 Wado - Cijeungjing - Tolengas, Angdes 53 Situraja - Darmaraja - Wado dan Angdes 54 Terminal Wado - Kirisik - Cipeundeuy. Sementara untuk angkutan umum AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) yang melintasi Terminal Wado ini diantaranya adalah Bantarujeg - Sumedang - Bandung, Wado - Sumedang - Jakarta, Tasikmalaya - Sumedang - Karawang, Wado - Sumedang - Bekasi.

Ada empat lajur yang bisa digunakan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang oleh angkutan umum di Terminal Wado ini. Tiga diantaranya digunakan untuk angkutan umum jurusan Jakarta, jurusan Bekasi dan jurusan Cikarang. Ini sesuai dengan papan penanda yang berada di atas jalur di Terminal Wado.

Untuk mengoptimalkan Terminal Wado ini, menurut rencana pemerintah Kabupaten Sumedang akan membangun terminal Wado yang baru.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 20 Desember 2019

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang