Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Sukajadi Kecamatan Wado


Lokasi


Akses Lokasi

Wilayah Kecamatan Wado bagian selatan yang menjadi akses ke wilayah Kecamatan Garut merupakan wilayah yang memiliki kemiringan lumayan curam di beberapa titik. Akses jalan menuju Malangbong yang berlokasi di daerah Desa Sukajadi merupakan tanjakan yang panjang dan lumayan curam serta ada beberapa belokan. Tanjakan ini dikenal dengan Tanjakan Cae.

Tanjakan Cae ini jika dilewati dari arah Malangbong menuju Wado, merupakan jalan yang menurun (turunan). Jalan yang melewati punggung Gunung Cakrabuana bagian utara ini, terkenal rawan akan kecelakaan. Jika pengendara kendaraan kurang hati-hati melewati jalan menurun ini, bisa saja mengalami kecelakaan.

Panjang tanjakan/turunan ini mencapai dua kilometer panjangnya, dan masuk ke dalam tiga wilayah desa yang berada di Kecamatan Wado yaitu Desa Cikareo Selatan, Desa Sukajadi dan Desa Cilengkrang dengan urutan dari bawah ke atas. Jika dilalui dari arah Malangbong Garut menuju ke awah Wado, turunan ini umumnya memiliki kontur tanah di sebelah kiri berupa tebing ke bawah, sementara di sebelah kanannya merupakan tebing ke atas.

Sehingga pengendara kendaraan terutama yang melewati tanjakan ini dari arah Malangbong harus berhati-hati. Jangan sampai karena jalanan mulus, memacu kendaraan terlalu cepat. Tanjakan Cae memiliki turunan yang curam dan berkelok-kelok.

Berdasarkan catatan, ada beberapa kecelakan yang terjadi di Tanjakan Cae ini. Pada tahun 1980-an terjadi kecelakaan yang melibatkan grup kesenian calung waktu itu yaitu Ki Jebrag Group. Mobil truk yang digunakan untuk mengangkut kru dan peralatan kesenian calung milik grup tersebut terguling ke dalam jurang di Tanjakan Cae, hingga Ki Jebrag sendiri, bintang dan pimpinan grup tersebut tewas dalam kecelakaan ini.

Kemudian yang masih hangat adalah pada tahun 2012. Kecelakaan yang melihatkan bus Maju Jaya jurusan Tasikmalaya - Cikampek ini menjadi kecelakaan yang paling banyak memakan korban yang pernah terjadi di Kabupaten Sumedang. Bus Maju Jaya yang membawa penumpang sebanyak 38 orang ini mengalami kecelakaan setelah mengalami rem blong dan terjun ke jurang sedalam sepuluh meter. Akibatnya, 12 orang meninggal dunia dan 26 orang luka-luka.

Setelahnya, juga ada beberapa kecelakaan yang melibatkan kendaraan lainnya baik roda dua maupun kendaraan roda empat dan lebih. Walau telah terjadi beberapa kecelakaan, namun Tanjakan Cae bukanlah tempat yang angker atau penuh dengan mitos. Tanjakan Cae termasuk wilayah yang terbuka, dan di beberapa tempat merupakan perkampungan yang terhubung dengan pesawahan dan perkebunan.

Jalur yang melewati Tanjakan Cae ini merupakan jalur utama bagi kendaraan dari Garut yang menuju Sumedang atau sebaliknya. Dan pada waktu tertentu bisa digunakan sebagai jalur alternatif jika arus lalu lintas di kawasan Nagreg mengalami kepadatan. Tidak aneh jika libur Lebaran (mudik) biasa digunakan sebagai jalur alternatif.

(Sumber: dari berbagai sumber seperti Kangkurniawan's Blog)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 23 Januari 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang