Logo Taman Buru Masigit Kareumbi (TBMK)

Taman Buru Masigit Kareumbi (TBMK)

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Bisa diakses menggunakan sepeda motor, mobil, bis (maksimum kapasitas 30 orang) ataupun truk angkutan
  2. Bandung - Cileunyi - Rancaekek - Bypass Cicalengka - Belok kiri arah Curug Sindulang - Ds. Dampit - Ds. Tanjungwangi - Kp. Leuwiliang - KW (± 43 km, durasi ±1,5 jam)
  3. Dari arah Rancaekek atau Sumedang - Jatinangor melalui: Parakanmuncang - Cimanggung -Tanjungwangi/ Leuwiliang - KW (± 16km, durasi ±45 menit) dapat dilalui oleh kendaraan maksimal roda empat.

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat

Berdiri

1966

Alamat Lengkap

Kp. Leuwiliang, Ds. Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kab. Bandung

Email

info@tbmk.org

Web Site

MASIGIT - KAREUMBI

Akun Facebook

Masigit Kareumbi


Lokasi

Taman Buru Masigit Kareumbi adalah kawasan konservasi yang berada di bawah tanggung jawab Departemen Kehutanan cq. Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam cq. Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat. TBMK saat ini berada di bawah koordinasi Bidang Wilayah II dan Seksi Konservasi Wilayah III BBKSDA Jabar.

Kawasan ini posisinya berada di tiga wilayah Kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut. Kawasan yang memiliki luas 12.420,70 hektar ini merupakan satu-satunya hutan konservasi dengan fungsi Taman Buru yang ada di Jawa-Bali.

Pada tahun 2007, Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri menyampaikan minat untuk melakukan pengelolaan kawasan pada pihak Kementerian Kehutanan dan BBKSDA. Setelah menempuh berbagai kewajiban diantaranya pembuatan Rencana Jangka Pendek dan Menengah, pada bulan April tahun 2008, BBKSDA mengeluarkan surat keputusan No: 750/BBKSDA JABAR.1/2008 yang kemudian direvisi oleh SK No. 1111/BBKSDA JABAR.1/2009 yang pada intinya menyatakan bahwa BBKSDA setuju untuk melakukan kerjasama kemitraan Optimalisasi Pengelolaan Kawasan dengan Wanadri dan mekanisme kerjasamanya ditelurkan ke dalam dokumen tersebut dengan diketahui oleh Departemen Kehutanan.

Untuk mengelola Taman Buru Masigit Kareumbi ini, dibentuklah Manajemen Pengelola Taman Buru Masigit-Kareumbi. Manajemen Pengelola Taman Buru Masigit-Kareumbi ini merupakan sebuah badan manajemen kawasan konservasi Masigit-Kareumbi yang berada di bawah Koperasi Wanadri. Kewenangan pengelolaan ini diberikan oleh Dewan Pengurus Wanadri berdasarkan SK DP XX Wanadri :No. 20/SK/DPXX/W/IX/2008, tentang Penugasan Pengelolaan Taman Buru Masigit-Kareumbi.

Kemudian lebih lanjut, Koperasi Wanadri memutuskan untuk membentuk Manajemen Pengelola TBMK ini dengan dasar SK Koperasi Wanadri :No. 12/KW/IX/2008, tentang Unit Usaha Otonom Pengelolaan Taman Buru Masigit-Kareumbi.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 30 Maret 2015

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang