Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang (YPSA)

Berdiri

17 Mei 1982

Alamat Lengkap

Jl. Angkrek Situ No. 19 Sumedang 45323 Jawa Barat

Nomor Telepon

0261-202911

Nomor Handphone

0813-2181-6039

Email

stkip11_april@yahoo.co.id

Web Site

STKIP 11 April

Akun Twitter

@infoSTKIPsmd

Page Facebook

STKIP Sebelas April Sumedang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar di kawasan Unsap Sebelas April Sumedang
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum secara langsung
  4. Bisa menggunakan Angkutan Umum Sumedang - Bojong atau Sumedang - Sukamantri. Turun di pertigaan Angkrek - Angkrek Situ, dilanjut jalan kaki sekitar 100 meter ke arah barat

STKIP atau Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di kota Sumedang. Perguruan ini didirikan dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang (YPSA). Berlokasi di kawasan Jalan Angkrek Situ Sumedang.

Berdasarkan sejarahnya, pendirian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sebelas April Sumedang mulai dirintis pada tanggal 20 Maret 1981 di rumah dinas Ketua DPRD. Pada waktu itu dilakukan pertemuan yang digagas oleh Drs. Endang Sukandar, Drs. M. Barnas Komaludin dan Drs. Yaya Sayaman serta dihadiri oleh Kepala Kandepdikbud Sumedang (Drs. Kosam Erawan), Ketua DPRD (Oyo Sunaryo), Drs. Otoy Sutarman, Drs. Ase Suherlan dan Udin S. Pertemuan ini dimaksudkan untuk mempertemukan tokoh-tokoh masyarakat yang berkeinginan logis dan bernilai luhur untuk memprakarsai berdirinya sebuah Universitas di Kota Sumedang.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan pertemuan berikutnya yang dilaksanakan di Gang Ojon No. 82 Sumedang tepatnya di rumah Drs. Endang Sukandar yang selanjutnya dijadikan sebagai sekretariat atau pusat kegiatan persiapan. Dari tempat inilah terjalinnya hubungan dengan instansi terkait baik yang berada di Jakarta, Bandung dan Sumedang. Menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku, sebuah lembaga perguruan tinggi swasta harus berada di bawah naungan yayasan yang bergerak dalm bidang pendidikan, maka seluruh pemrakarsa sepakat untuk mendirikan sebuah yayasan.

Pada tanggal 29 Januari 1982, diadakan pertemuan kembali yang pada akhirnya menghasilkan kesepakatan tentang pembentukan kepanitiaan yang dikukuhkan dengan SK Bupati Kepala Daerah Tingkat II Sumedang No. 10/KS.415/SK/1982 tentang Panitia Persiapan Pendirian Perguruan Tinggi. Dan pada hari Senin, 17 Mei 1982 pukul 15.30 bertempat di rumah Bupati Sumedang di Gudang Kopi, terbentuklah Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang (YPSA) yang disahkan oleh notaris Christy S. Sutadikusumah, S.H. dengan akta notaris Nomor: 24 Tanggal 17 Mei 1982 dan selanjutnya disahkan oleh Pengadilan Negeri Sumedang Nomor: 68/1982 Tanggal 18 September 1982.

Pada perkembangan selanjutnya, YPSA Sumedang disempurnakan oleh Notaris Christy S. Sutadikusumah, S.H. dengan Nomor: 15 Tanggal 25 Februari 2005. Dan pada pembaharuan terakhir dilakukan oleh Notaris Ike Subariah, S.H. dengan Nomor: 017/Not/X/2010 tanggal 13 Oktober 2010. Pada saat ini YPSA Sumedang telah tercatat dan disahkan oleh Menkumham dengan Nomor: AHU-4936.01.04/2010 tanggal 10 Desember 2010.

Panitia Persiapan Pendirian Perguruan Tinggi saat itu membentuk Universitas Sebelas April Sumedang (Unsap) Sumedang dengan menawarkan 5 Fakultas, yaitu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian. Dari kelima fakultas tersebut, hanya dua fakultas yang banyak peminatnya, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ekonomi.

Karena terbentur pada syarat-syarat terbentuknya suatu universitas, yakni harus ada fakultas eksak, maka Unsap Sumedang tidak dapat dibentuk. Sambil menunggu persiapan menjadi sebuah universitas, berdasarkan hasil pertimbangan yang matang dari para pengurus YPSA Sumedang, maka dibentuk terlebih dahulu sekolah-sekolah tinggi diantaranya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berasal dari FKIP Unsap Sumedang yang sekarang dikenal dengan STKIP Sebelas April Sumedang.

Saat ini ada enam Program Studi (Prodi) yang diselenggarakan oleh STKIP Sebelas April Sumedang. Keenam prodi tersebut adalah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Diksastrasia), Program Studi Pendidikan Matematika (Penmat), Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Program Studi Pendidikan Guru PAUD (PG PAUD), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Studi Pendidikan Teknik Mesia (PTM).

Dalam menyelenggarakan kegiatan perkuliahannya, STKIP Sebelas April Sumedang didukung dengan berbagai fasilitas perkuliahan. Termasuk fasilitas fisik seperti bangunan perkuliahan yang representatif, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium micro teaching, sarana olahraga, perpustakaan, gedung serbaguna, ruang fitnes, masjid, dan gedung olahraga (GOR) bertaraf nasional. Didukung juga dengan berbagai fasilitas pengembangan bagi mahasiswa seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Senat Mahasiswa (SEMA), Himpunan Mahasiswa (HIMA), dan himpunan mahasiswa lainnya yang akan menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Dan bagi mahasiswa yang berprestasi tersedia beasiswa seperti Beasiswa Bidikmisi yang diberikan selama menempuh perkuliahan sampai dengan mendapatkan gelar akademik. Ada juga beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA) yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi serta aktif baik dalam kegiatan akademik maupun bidang kemahasiswaan.

STKIP Sebelas April Sumedang telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT). Begitu juga dengan program studinya, semua prodi yang ada di STKIP Sebelas April Sumedang telah terakreditasi.

STKIP Sebelas April Sumedang tiap tahun akademik menerima pendaftaran mahasiswa baik mahasiswa baru, mahasiswa pindahan maupun mahasiswa lanjutan. Pendaftaran mahasiswa di STKIP Sebelas April Sumedang ini tidak dibatasi oleh usia dan tahun ijazah, asalkan sehat secara jasmani dan rohani serta bersedia membayar uang pendaftaran.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 03 Juni 2018

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang