Logo SMP Negeri 1 Tanjungmedar

SMP Negeri 1 Tanjungmedar

SMP

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dekat pusat pemerintahan Desa Jingkang
  4. Dilewati Angkutan Umum Perkotaan 09 (Sumedang - Cisumur) secara tidak langsung

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

1993

Alamat Lengkap

Jl. Sindangsari No. 10 Desa Jingkang

Page Facebook

SMP Negeri 1 Tanjungmedar


Lokasi

SMP Negeri 1 Tanjungmedar merupakan sebuah sekolah menengah pertama yang berada di Kecamatan Tanjungmedar. Lokasinya berada di dekat pusat pemerintahan Desa Jingkang Kecamatan Tanjungmedar. Pada awalnya bernama SMP Negeri 3 Tanjungkerta ketika masih berada di wilayah Kecamatan Tanjungkerta.

SMP Negeri 1 Tanjungmedar pada mulanya berdiri sekitar tahun 1993 dengan nama awal SMP Negeri 3 Tanjungkerta. Pada awal berdirinya sekolah ini masih menginduk ke SMP Negeri 2 Tanjungkerta. Sementara proses belajar mengajarnya menggunakan lokasi sementara dengan cara menumpang ke SD Negeri Jingkang. Jumlah peserta didik awal yang mengikuti proses belajar mengajar sebanyak 76 orang.

Kemudian menginjak tahun kedua, SMP Negeri 1 Tanjungmedar memiliki gedung sekolah sendiri yang berada di sebelah barat bekas lapang sepak bola Desa Jingkang. Penerimaan siswa barunya juga mengalami perkembangan dengan adanya penambahan jumlah siswa, dengan jumlah kelas minimal tiga rombongan belajar (rombel) untuk satu jenjang kelas. SMP Negeri 1 Tanjungmedar sendiri melaksanakan kegiatan belajar mengajar berdasarkan Surat Keputusan Operasional Nomor 0260/O/1994 tertanggal 5 Oktober 1994.

Ketika pemerintah melakukan pemekaran wilayah Kecamatan Tanjungkerta menjadi dua kecamatan, SMP Negeri 3 Tanjungkerta berada di wilayah kecamatan pemekaran yaitu Kecamatan Tanjungmedar. Dengan perubahan lokasi ini, mempengaruhi nama sekolah menjadi SMP Negeri 1 Tanjungmedar. Sampai saat ini nama sekolah ini tidak mengalami perubahan.

SMP Negeri 1 Tanjungmedar memiliki siswa dari berbagai daerah di sekitar wilayah Desa Jingkang. Walau demikian tidak sedikit pula yang berasal dari desa tetangga dan bahkan kecamatan tetangga seperti Kecamatan Surian.

Pada tahun 2010, SMP Negeri 1 Tanjungmedar memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dengan predikat A. Akreditasi ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan No. 02.00/534/BAP-SM/XI/2010 tertanggal 9 November 2010.

Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajarnya, SMP Negeri 1 Tanjungmedar didukung dengan adanya fasilitas yang sudah lengkap. Fasilitas utamanya seperti Ruang Kelas, Ruang Guru, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Tata Usaha (TU), Ruang Perpustakaan, Laboratorium IPA dan Komputer. Kemudian fasilitas pendukung lainnya seperti Ruangan Tunggu, Ruang Unit Kesehatan Sekolah, Ruang OSIS, Koperasi Sekolah, Kantin, dan Toilet. Termasuk juga lapangan upacara bendera dan lapangan olahraga.

Di samping kegiatan di jam pelajaran, SMP Negeri 1 Tanjungmedar juga menyelenggarakan kegiatan di luar kelas atau jam pelajaran seperti ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMP Negeri 1 Tanjungmedar diantaranya adalah Pramuka, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Palang Merah Remaja (PMR), Tata Busana, Baca Tulis Al-Quran (BTQ), Kesenian (Karawitan dan Seni Tari) serta olahraga (bola voli, sepak bola dan basket).

Berbagai prestasi dan penghargaan telah diraih oleh SMP Negeri 1 Tanjungmedar baik yang didapatkan oleh siswa sekolah maupun oleh guru pengajarnya. Prestasi dan penghargaan dalam level kecamatan, kabupaten, provinsi maupun level nasional.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 11 Juli 2018

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang