Logo SMK YPGU Sumedang

SMK YPGU Sumedang

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar dari jalan raya Cirebon - Bandung
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) No. 02 dan 03

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Geusan Ulun (YPPGU) Sumedang

Berdiri

7 Juni 1979

Alamat Lengkap

Jl. Prabu Gajah Agung No. 56 Kelurahan Situ Sumedang Utara

Nomor Telepon

0261-201019

Email

info@smkypgusumedang.sch.id

Web Site

SMK YP Geusan Ulun


Lokasi

SMK YPGU merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan swasta yang berada di kota Sumedang beralamatkan di Jl. Prabu Gajah Agung No. 56. Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Geusan Ulun (YPPGU) Sumedang dan mulai berdiri pada tahun 1979.

SMK YPGU memiliki nama awal sebagai STM (Sekolah Teknik Menengah) YPGU yang didirikan pada tanggal 7 Juni 1979. Kemudian setelah melakukan permohonan pendaftaran, Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat menyetujui permohonan pendaftaran yang diajukan oleh Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Geusan Ulun Sumedang. Surat persetujuan pendaftaran ini berupa Surat Keputusan dengan nomor 785/I02.5/M.81 tertanggal 27 Mei 1981. SK ini memuat tentang penetapan STM YPGU yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Geusan Ulun telah terdaftar di Kanwil Departemen P dan K Propinsi Jawa Barat.

STM YPGU pada waktu itu beralamatkan di Jl. Mayor Abdurakhman 183 Sumedang. Kampusnya masih menumpang di kampus STM 1 Sumedang dengan jumlah siswa awal sebanyak 62 orang. Sementara jurusan yang tersedia di STM YPGU ada dua jurusan yaitu jurusan Mesin Umum dan jurusan Listrik dan menggunakan Kurikulum 1964.

Pada tahun 1983, STM YPGU ini statusnya meningkat dari terdaftar menjadi tercatat. Hal ini sesuai dengan Surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah nomor 018/C/Kep/I/83 tertanggal 23 Februari 1983. Pada tahun 1992, statusnya meningkat lagi menjadi Diakui berdasarkan pada Surat Keputusan nomor 488/C/Kep/I/1992 tertanggal 31 Desember 1992. Kemudian pada tahun 1998 statusnya menjadi Disamakan dengan berdasarkan pada Surat Keputusan nomor 35/C.C7/Kep/MN/98 tertanggal 10 Maret 1998.

Pada tahun 2003 SMK YPGU Sumedang mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat. Status akreditasi ini berdasarkan pada Surat Keputusan nomor 0079/BAS/JB/KL/2008 tertanggal 11 November 2003 dengan raihan peringkat B (Baik). Pada tahun 2013 status akreditasinya meningkat menjadi peringkat A dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-SM). Raihan akreditasi ini berdasarkan pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah dengan Nomor 02.00/324/BAP-SM/XI/2013 tertanggal 14 November 2013.

Saat ini, SMK YPGU memiliki kampus yang beralamat di Jl. Prabu Gajah Agung No. 56 Kelurahan Situ Sumedang. Program keahlian yang tersedia juga mengalami perubahan dengan adanya penambahan beberapa jurusan. Program keahlian yang saat ini ada di SMK YPGU adalah jurusan Permesinan, jurusan Teknik Kendaraan Ringan, jurusan Teknik Sepeda Motor, jurusan Teknik Komputer Jaringan dan jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

Selain menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di dalam jam pelajaran, SMK YPGU Sumedang juga memberikan kebebasan kepada siswa-siswinya untuk bisa mengikuti kegiatan pengembangan minat dan bakatnya di luar jam pelajaran berupa kegiatan ekstrakurikuler dan keorganisasian siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK YPGU Sumedang diantaranya adalah Sepak Bola, Bola Voli, Bola Basket, Futsal, Tenis Meja, Pramuka, Pencak Silat, Paskibra, Pecinta Alam, Drum Band dan English Club.

Dalam menjalankan kegiatan pembelajarannya, SMK YPGU didukung dengan fasilitas yang lengkap, baik fasilitas utama maupun fasilitas pendukung. Fasilitas utamanya berupa Ruang Kelas atau Ruang Teori, Ruang Perpustakaan dan Ruang Laboratorium. Kemudian fasilitas pendukungnya seperti Ruang Praktek Permesinan, Ruang Praktek Otomotif, Ruang Praktek Listrik, Ruang Praktek Audio Video, Ruang Ibadah, Kantin dan lapangan olahraga dan Ruang Kantor.

Bagi lulusan SMP atau MTs yang ingin melanjutkan ke jenjang SMK, bisa memilih SMK YPGU Sumedang. SMK YPGU Sumedang menerima pendaftaran siswa baru di tiap tahun ajaran baru. Pendaftaran biasanya dilakukan langsung ke kampus SMK YPGU Sumedang yang berada di wilayah Kelurahan Situ Sumedang Utara. Bagi siswa baru yang masuk ke SMK YPGU mendapatkan fasilitas gratis biaya pendaftaran, biaya bangunan dan gratis biaya seragam serta atributnya.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 09 April 2019

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang