Logo SMK PPN Tanjungsari

SMK PPN Tanjungsari

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  2. Dilewati Angkutan Umum Perkotaan 04 Sumedang - CIleunyi, Angkutan Umum Pedesaan Tanjungsari - Rancakalong dan Angkutan umum bus yang melewati Tanjungsari

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Berdiri

1912

Alamat Lengkap

Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.29 Sumedang 45362

Nomor Telepon

022-7911050

Email

spp.tanjungsari@gmail.com

Web Site

SMK PPN Tanjungsari

Akun Twitter

@SMKPPNTnjngsari

Akun Facebook

Smk Ppn Tanjungsari Kesiswaan

Page Facebook

SMK - PPN Tanjungsari


Lokasi

SMK PPN Tanjungsari merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan pertanian yang berlokasi di wilayah Tanjungsari. Sekolah yang memiliki kepanjangan sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian Negeri Tanjungsari ini memiliki tujuan untuk mewujudkan sumber daya manusian pertanian yang cerdas, profesional, berkarakter, berkinerja tinggi, mandiri, dan kompetitif secara nasional dan internasional.

SMK PPN Tanjungsari memiliki perjalanan panjang semenjak masa penjajahan Belanda. Sekitar tahun 1912, penjajah Belanda mendirikan lembaga yang menyelenggarakan pembinaan pertanian di Jawa Barat dengan nama Provinciale Lanbouw Voorlichtings Dienst (LVD) yang dikepalai oleh seorang Inspektur berkebangsaan Belanda yang disebut Landbouw Inspecteur. Lembaga ini memiliki fungsi sebagai pembina bagi petani pribumi dalam meningkatkan produksi pertanian. Dan pada tanggal 14 Maret 1914, atas prakarsa Bupati Sumedang R. A. Soeriaatmadja, didirikanlah lembaga pendidikan pertanian dengan nama Landbouw Bedriftj School (LBS). Ketika Jepang menggantikan penjajah Belanda, lembaga pendidikan Landbouw Berdrijf School (LBS) diganti menjadi Sekolah Pertanian Pertama (SPP).

Kemudian berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat (Nomor 24/VIII-C/E/60) tanggal 24 Agustus 1960 tentang Pendirian Sekolah Pertanian Menengah Atas Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Barat di Tanjungsari, maka Sekolah Pengamat Pertanian ditingkatkan menjadi Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA). Dan pada tahun 1976 diadakan perubahan lagi dari Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) menjadi Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP), yang merupakan penyesuaian dengan adanya kurikulum polyvalent, yang kemudian disatukan menjadi SPP-SPMA. Nama ini berakhir pada tahun 2010. Pada tahun 2011 berganti nama lagi menjadi Sekolah Menengah Kejuruan-Sekolah Pertanian Pembangunan (SMK-SPP). Dan terakhir pada tahun 2012, namanya diubah kembali menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK PPN) Tanjungsari.

Berbagai penghargaan telah diraih oleh SMK PPN Tanjungsari ini. Diantaranya adalah pada tahun 2010, SMK-PPN Tanjungsari mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai "Sekolah Peduli Lingkungan". Setiap jurusannya juga telah mendapatkan akreditasi dengan nilai A. Pada tahun 2011, SMK PPN Tanjungsari juga mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 (URS).

SMK PPN Tanjungsari menempati lahan seluas 15,389 hektar, yang terdiri dari bangunan kantor, kelas, kebun percobaan lahan kering, lahan sawah dan kolam. SMK PPN Tanjungsari terdiri dari empat program studi yaitu Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Agribisnis Tanaman Perkebunan, Agribisnis Perikanan, Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan Agribisnis Ternak Ruminansia.

Bagi siswa-siswi SMP yang ingin melanjutkan pendidikannya bisa melanjutkan sekolahnya ke SMK PPN Tanjungsari ini. Terutama bagi siswa yang ingin menggeluti bidang pertanian, perkeunan dan agrobisnis. Bagi siswa SMK PPN Tanjungsari yang berprestasi bisa mendapatkan beasiswa dari Yayasan Supersemar, dan lembaga pemberi beasiswa lainnya. Siswa SMK PPN Tanjungsari juga akan mendapatkan berbagai pengalaman studi banding, praktek kerja usaha dan magang ke luar negeri seperti ke Thailand dan Jepang. Proses pembelajarannya menggabungkan antara teori dan praktek baik di dalam kampus maupun di luar kampus.

Selain kegiatan intrakurikuler, di SMK PPN Tanjungsari juga terdapat kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa-siswi SMK PPN Tanjungsari yaitu Pramuka, OSIS/PPOS (Persatuan Pelajar Oryza Sativa), Kerohanian/ISPERMA (Ikatan Siswa Pertanian Mejid Al-Fallah), PA/ISPERTALA (Ikatan Siswa Pertanian Pencinta Alam), HI (Hikmatul Iman), SSC (Student Sports Clubs), PASKIBRA, Kesenian dan PMR.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk Wikipedia)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 14 April 2016

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang