Logo SMK PGRI 2 Sumedang

SMK PGRI 2 Sumedang

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya di kota Sumedang
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati angkutan umum perkotaan dan pedesaan seperti Angkot 07, Angkot Sumedang - Bojong, Angdes Sumedang - Sukamantri

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

YPLP Dikdasmen PGRI Kabupaten Sumedang

Berdiri

1 Juli 1999

Alamat Lengkap

Jl. Anggrek No. 99 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara

Nomor Telepon

0261-207279

Nomor Handphone

0812-2167-9556

Email

smkpgri2_smd@yahoo.co.id

Web Site

SMK PGRI 2 Sumedang

Page Facebook

SMK PGRI 2 Sumedang


Lokasi

SMK PGRI 2 Sumedang merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan swasta yang berada di kota Sumedang. Pada awalnya SMK PGRI 2 Sumedang ini berlokasi di Jl. Raya Cimalaka-Sumedang dengan nama sekolah SMK PGRI Cimalaka. Pada waktu itu berada di bawah naungan Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Jawa Barat.

SMK PGRI 2 Sumedang ini berdiri pada tanggal 1 Juli 1999 dengan nama awal SMK PGRI Cimalaka. Pendiriannya berdasarkan pada Surat Keputusan Pengurus Daerah Tingkat I Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Jawa Barat tertanggal 9 Desember 1998 dengan nomor 099/PWK/21/E/2.2-1998. Kemudian mendapatkan ijin operasional dari Kantor Wilayah (Kanwil) Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dengan surat keputusan nomor 1654/102.1/Kep/OT/1999.

Pada tahun 2013, Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) Dikdasmen PGRI Kabupaten Sumedang sebagai pengelola SMK PGRI Cimalaka mengeluarkan Surat Keputusan dengan nomor 194/YPLP-DM.PGRI/III.8/E.13 tertanggal 14 Januari 2013. Surat ini berisi tentang Permohonan Status Sekolah dan Alamat Sekolah di bawah Pembinaan YPLP PGRI Sumedang. Statusnya mengalami perubahan dari SMK PGRI Cimalaka menjadi SMK PGRI 2 Sumedang, yang disesuaikan dengan perubahan alamat yang asalnya beralamat di Jl. Raya Cimalaka-Sumedang menjadi beralamatkan di Jl. Anggrek No. 99 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara. Lokasi yang baru tersebut berdampingan dengan kampus SMK PGRI 1 Sumedang.

Pada tahun 2015 SMK PGRI 2 Sumedang mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-SM) dengan predikat A. Raihan akreditasi ini berdasarkan pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah dengan Nomor 02.00/113/BAP-SM/SK/X/2015.

Sebagai sebuah sekolah kejuruan, SMK PGRI 2 Sumedang menyediakan tiga bidang atau program keahlian yang bisa dipilih oleh siswanya. Ketiga program keahlian tersebut adalah jurusan Broadcasting (Penyiaran Pertelevisian), jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan jurusan Teknik Bisnis & Sepeda Motor (TBSM).

Dalam menyelenggarakan kegiatan kependidikannya, SMK PGRI 2 Sumedang didukung dengan berbagai fasilitas atau sarana dan prasarana yang lengkap. Berbagai fasilitas yang dibangun di atas lahan milik sendiri di kawasan utara Kelurahan Situ. Fasilitas utama yang ada di SMK PGRI 1 Sumedang ini diantaranya Ruang Kelas atau Ruang Belajar atau Ruang Kelas, Laboratorium Komputer, dan Perpustakaan. Kemudian fasilitas pendukungnya seperti Ruang Kepala Sekolah, Ruang Tata Usaha, Ruang Guru, Ruang BP, Ruang OSIS, Ruang Work Shop, Ruang Koperasi, Ruang WC/Kamar Mandi dan Musholla.

Selain menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di jam pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku (kokulikuler), SMK PGRI 2 Sumedang juga menyelenggarakan kegiatan di luar jam pelajaran seperti ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa SMK PGRI 2 Sumedang ini adalah Paskibra, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Pencinta Alam, Keagamaan, Roadrace, Kesenian, Pencak Silat, Sepak bola dan Bola Voli.

Selama ini, SMK PGRI 2 Sumedang telah meraih berbagai prestasi, baik prestasi akademik maupun prestasi non-akademik. Beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh SMK PGRI 2 Sumedang selama tahun ajaran 2018/2019 diantaranya adalah Juara I Pencak Silat tingkat kabupaten dan nasional, Juara III Pencak Silat tingkat provinsi, Harapan 6 Paskibra tingkat nasional, Harapan 3 Pramuka tingkat nasional, Juara I Pramuka tingkat nasional, Juara III Pencinta Alam tingkat kabupaten dan Juara I Lomba Pidato PAI tingkat kabupaten.

Bagi lulusan SMP atau MTs dan sederajat yang ingin melanjutkan studi bisa mendaftarkan diri ke SMK PGRI 2 Sumedang. Pendaftaran siswa baru biasanya dilakukan di awal tahun pelajaran yang baru. Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke sekretariat pendaftaran di kampus SMK PGRI 2 Sumedang.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 13 Maret 2019

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang