Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

YPLP Dikdasmen PGRI Kabupaten Sumedang

Berdiri

1995

Alamat Lengkap

Jln. Angkrek No. 99 Sumedang Utara Sumedang

Nomor Telepon

0261-206468

Nomor Handphone

0852-2160-3377

Email

smkpgri.sumedang@yahoo.com

Web Site

SMK PGRI 1 Sumedang

Page Facebook

SMK PGRI 1 Sumedang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati angkutan umum perkotaan dan pedesaan seperti Angkot 07, Angkot Sumedang - Bojong, Angdes Sumedang - Sukamantri

SMK PGRI 1 Sumedang merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan yang berada di kota Sumedang, tepatnya di sekitaran Jalan Angkrek Kelurahan Situ Sumedang Utara. Sekolah ini berada di bawah naungan dan pengelolaan Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) Dikdasmen PGRI Kabupaten Sumedang.

SMK PGRI 1 Sumedang mulai berdiri semenjak tahun 1995. Pada waktu itu, SMK PGRI 1 Sumedang berada di bawah penyelenggaraan Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan (PPLP) PGRI Daerah Tingkat 1 Jawa Barat dengan surat keputusan nomor 01/YPLP-PGRI/Kpt/1996 tertanggal 11 Januari 1996. Kemudian mendapatkan ijin operasional dari Kantor Wilayah (Kanwil) Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dengan surat keputusan nomor 674/I02.1/Kep/OT/1997 tertanggal 23 Juli 2017.

Pada tahun 2013 SMK PGRI 1 Sumedang mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-SM) dengan predikat A. Raihan akreditasi ini berdasarkan pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah dengan Nomor 0200/324/BAP-SMK/XI/2013 tertanggal 14 November 2013.

Sebagai sebuah sekolah kejuruan, SMK PGRI 1 Sumedang menyediakan tiga bidang atau program keahlian yang bisa dipilih oleh siswanya. Ketiga program keahlian tersebut adalah jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Elektronika (Audio dan Video) dan jurusan Perbankan Syariah.

Dalam menyelenggarakan kegiatan kependidikannya, SMK PGRI 1 Sumedang didukung dengan berbagai fasilitas atau sarana dan prasarana yang lengkap. Berbagai fasilitas yang dibangun di atas lahan milik sendiri di kawasan Kelurahan Situ. Fasilitas utama yang ada di SMK PGRI 1 Sumedang ini diantaranya Ruang Kelas atau Ruang Belajar, Laboratorium Komputer dan Laboratorium Bahasa, serta Perpustakaan. Kemudian fasilitas pendukungnya seperti Masjid, Bengkel Elektronika, Unit Produksi, Koperasi, Ruang Guru, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Tata Usaha (TU), Ruang OSIS, Ruang Praktek Kerja, Ruang UKS dan Toilet/WC.

Dan dalam proses belajar mengajarnya, SMK PGRI 1 Sumedang juga didukung oleh tenaga kependidikan (guru-guru) muda yang berdedikasi tinggi yang berperan sebagai sahabat belajar. Ditambah juga dengan didatangkannya guru tamu dari dunia usaha dan dunia industri untuk memantapkan kompetensi dan mutu lulusan SMK PGRI 1 Sumedang.

Selain menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di jam pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku (kokulikuler), SMK PGRI 1 Sumedang juga menyelenggarakan kegiatan di luar jam pelajaran seperti ekstrakurikuler serta program pengembangan karakter dan kemimpinan. Kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa SMK PGRI 1 Sumedang ini adalah Paskibra, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Programming, Photograpy, Paduan Suara, Live Akustik, Band, Kabaret, Seni Lukis, Seni Tari, Silat, Volly, Futsal baik untuk putra maupun putri, Badminton, Karate, Sepak bola, Bola Basket. Program pengembangan karakter dan kepemimpinan yang bisa diikuti oleh siswa-siswi SMK PGRI 1 Sumedang diantaranya adalah Outbound, PGRI Cup, Leadership Training, Bakti Sosial, Gerakan Peduli Sahabat, Healthy Day, Kantin Kejujuran, Pentas Seni dan School Social Responsibility.

Bagi siswa yang berprestasi di SMK PGRI 1 Sumedang tersedia berbagai jenis fasilitas beasiswa. Beasiswa yang bisa diikuti diantaranya dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang seperti Peningkatan Prestasi, BKM, BOS, BSM dan Beasiswa Tenaga Kerja Indonesia. Tak ketinggalan PGRI Kabupaten Sumedang dan YPLP PGRI Kabupaten Sumedang juga menyediakan beasiswa yang biasanya disediakan bagi putra/putri guru. Ditambah juga dengan adanya beasiswa dari berbagai perusahaan.

Bagi lulusan SMP atau MTs dan sederajat yang ingin melanjutkan studi bisa mendaftarkan diri ke SMK PGRI 1 Sumedang. Pendaftaran siswa baru biasanya dilakukan di awal tahun pelajaran yang baru. Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke sekretariat pendaftaran di kampus SMK PGRI 1 Sumedang atau kolektif.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 09 Maret 2019

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang