Logo SMK Pasundan Tanjungsari

SMK Pasundan Tanjungsari

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya Sumedang - Bandung
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Perkotaan 04 Sumedang - Cileunyi dan Angkutan Umum Rancakalong - Tanjungsari

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

YPDM Pasundan

Berdiri

2002

Alamat Lengkap

Jl. Raya Tanjungsari No. 402

Email

smkpasundan_tanjungsari@yahoo.co.id

Page Facebook

SMK Pasundan Tanjungsari - Sumedang


Lokasi

SMK Pasundan Tanjungsari merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan swasta yang berlokasi di Kecamatan Tanjungsari. Sesuai dengan namanya, SMK ini dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah Pasundan (YPDM). Sekolah ini beralamatkan di Jalan Raya Tanjungsari No. 402 dan berada satu lokasi dengan SMP dan SMA Pasundan Tanjungsari.

Berdasarkan sejarahnya, SMK Pasundan Tanjungsari berdiri pada tahun 2002. Pendirian SMK Pasundan Tanjungsari ini diprakarsai oleh Asep Firdaus yang pada waktu itu merupakan kepala sekolah SMP Pasundan Tanjungsari yang ke-5 tahun 2000–2001. Ide pendirian SMK Pasundan Tanjungsari ini kemudian ditindaklanjuti dengan dibentuknya kepanitian (Panitia Pembangunan) yang didalamnya terdiri dari beberapa orang pengurus yang diketuai oleh Drs. Barna Subarna.

Tahun pertama pendirian SMK Pasundan Tanjungsari, diisi oleh siswa sebanyak 15 orang. Pada awalnya, dikarenakan belum memiliki bangunan sendiri, kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di ruang perpustakaan SMP Pasundan Tanjungsari. Untuk kepala sekolahnya diangkatlah Pepen Supendi, S.Pd dengan status penanggung jawab sementara oleh ketua Drs. Bana Subarna. Baru pada tahun 2004, SMK Pasundan Tanjungsari memiliki bangunan sendiri.

Pada tahun 2003, SMK Pasundan Tanjungsari mendapatkan ijin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dengan nomor 642.2/966/Disdik/2003 tertanggal 8 Mei 2003. Surat Keputusan ini mengatur tentang Pemberian ijin kepada Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah Pasundan Kabupaten Sumedang untuk mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2003/2004. Pada tahun 2009, SMK Pasundan Tanjungsari mendapatkan akreditasi dengan raihan peringkat A berdasarkan Surat Keputusan Akreditasi nomor 02.00/001/BAS/2009 tertanggal 26 Oktober 2009.

Sebagai sebuah sekolah kejuruan, di SMK Pasundan Tanjungsari terdapat dua bidang keahlian yang bisa dipilih oleh siswanya yaitu Bisnis dan Manajemen serta Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk bidang Bisnis dan Manajemen ada dua program keahlian yang bisa diambil yaitu program Pemasaran dan program Akuntansi. Sementara untuk bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi hanya ada satu program keahlian yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

SMK Pasundan Tanjungsari didukung dengan fasilitas atau sarana dan parsarana yang lengkap. Fasilitasnya merupakan milik sendiri yang dibangun di atas lahan milik sendiri. Fasilitas utama yang ada di SMK Pasundan Tanjungsari diantaranya adalah Ruang Belajar atau Ruang Kelas, Ruang Laboratorium Komputer dan Ruang Perpustakaan. Sementara fasilitas pendukung lainnya diantaranya adalah Ruang Kelapa Sekolah, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, Ruang OSIS, Ruang Ibadah, Unit Produksi dan fasilitas sanitari.

Selain menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku (kokulikuler), SMK Pasundan Tanjungsari juga menyelenggarakan kegiatan di luar jam pelajaran seperti ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa SMK Pasundan Tanjungsari ini diantaranya adalah Paskibra, Pramuka, Pasta Sora, serta Futsal dan Bola Voli.

Bagi lulusan SMP atau MTs dan sederajat yang ingin melanjutkan studi ke sekolah kejuruan bisa mendaftarkan diri ke SMK Pasundan Tanjungsari. Pendaftaran siswa baru biasanya dilakukan di awal tahun pelajaran yang baru. Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke sekretariat pendaftaran di kampus SMK Pasundan Tanjungsari.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 27 Maret 2019

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang