Logo SMK Negeri 1 Buahdua

SMK Negeri 1 Buahdua

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di wilayah Desa Bojongloa, tidak terlalu jauh dari jalan raya Buahdua - Tanjungkkerta
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraa roda dua dan roda empat

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

2007

Alamat Lengkap

Jl. Raya Buahdua Km. 3 Dusun Sumber Desa Bojongloa

Email

smkn1buahdua@yahoo.co.id

Web Site

SMK Negeri 1 Buahdua

Akun Facebook

Smkn Buahdua

Page Facebook

SMK Negeri 1 Buahdua


Lokasi

SMK Negeri 1 Buahdua merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan negeri yang berada di wilayah Kecamatan Buahdua. Tepatnya beralamat di Jl. Raya Buahdua Km. 3 Dusun Sumber Desa Bojongloa. SMK Negeri 1 Buahdua mulai berdiri pada tahun 2007.

Pada awalnya, SMK Negeri 1 Buahdua merupakan kelas jauh atau filial dari SMK Negeri 2 Sumedang. SMK ini memiliki bidang studi di bidang kelompok Teknologi Rekayasa dan Manajemen Bisnis. Mula berdiri, proses belajar mengajar SMK Negeri 1 Buahdua dilaksanakan dengan cara menumpang di SMP Islam Plus As-Salam yang terletak di Desa Nagrak Kecamatan Buahdua.

Pendirian SMK Negeri 1 Buahdua ini berdasarkan pada Surat Keputusan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dengan nomor 421.5/1742/Disdik yang berisi tentang Penetapan Pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Buahdua Filial SMKN 2 Sumedang di Kabupaten Sumedang.

Saat ini SMK Negeri 1 Buahdua menempati lokasi yang baru di kawasan Dusun Sumber Desa Bojongloa Kecamatan Buahdua. Kampusnya dibangun di atas lahan milik pemerintah Kabupaten Sumedang dengan luasan 15.484 meter persegi. Berbagai fasilitas yang memadai dibangun di atasnya baik fasilitas utama yang menunjang kegiatan pembelajaran maupun fasilitas pendukungnya. Fasilitas utama di SMK Negeri 1 Buahdua diantaranya adalah Ruang Kelas (Ruang Teori), Ruang Perpustakaan dan Ruang Laboratorium Komputer sert Laboratorium IPA. Sementara fasilitas pendukung lainnya seperti Ruang Kantor, Ruang Praktek untuk masing-masing jurusan, Ruang Kesenian, Ruang OSIS, Ruang Bisnis Center, Ruang UKS, Ruang Ibadah (Mushala), Gedung Serbaguna dan fasilitas sanitasi.

Sebagai sebuah sekolah kejuruan, SMK Negeri 1 Buahdua menyediakan beberapa bidang keahlian yang bisa dipilih oleh siswanya. Ada empat buah bidang keahlian atau jurusan di sekolah ini. Keempat bidang keahlian tersebut adalah Teknik Ototronik,  Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Bisnis Daring Dan Pemasaran (BDPM), Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ) dan Akuntansi Dan Keuangan Lembaga (AKL).

Selain menyelenggarakan kegiatan kependidikan di dalam jam pelajaran, SMK Negeri 1 Buahdua juga menyelenggarakan kegiatan pengembangan minat dan bakat di luar jam pelajaran. Kegiatan pengembangan minat dan bakat ini berupa kegiatan keorganisasian dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 1 Buahdua diantaranya adalah Kerohanian (Liqo dan Keputrian), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Praja Muda Karana (Pramuka, Bantara dan Da), Bandung Karate Club (BKC), Skanebu FC (Sepakbola dan Futsal), Bola Voli, Bola Basket, Tenis Meja, Leadership/Kepemimpinan, Palang Merah Remaja (PMR), Kesenian (Vocal, Tari, Karawitan, Upacara Adat), Karya Ilmiah Remaja (KIR), IT Community, dan Mading Club (Jurnalistic).

Setiap awal tahun pembelajaran baru, SMK Negeri 1 Buahdua menerima pendaftaran siswa baru. Siswa baru yang berada dari lulusan SMP/MTs atau yang sederajat untuk dididik menjadi sumber daya manusia yang bersaing dan berkualitas. Pendaftaran dilaksanakan secara langsung di kampus SMK Negeri 1 Buahdua. Ada dua jenis pendaftaran siswa baru yang bisa dipilih yaitu jalur prestasi dan jalur reguler.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 16 April 2019

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang